Tips Meningkatkan Perfoma Smartphone Android yang Lemot

android lemot
Ilustrasi

RadarSampit.com – Smartphone Android terasa lambat dalam merespons perintah saat sudah lumayan lama digunakan. Smartphone yang lemot ini memang kadang bikin jengkel. Misalnya saat sedang diburu waktu, kondisi ponsel malah tiba-tiba tidak bisa diajak berkompromi.

Menurunnya kecepatan smartphone, khususnya yang menggunakan sistem operasi atau OS Android bisa terjadi karena banyak faktor. Bisa karena pembaruan, aplikasi, dan bulan yang telah berlalu sejak menginstal. Kemudian bisa juga karena sudah ponsel tidak sering di-restart, dan faktor lainnya.

Jika mulai memperhatikan tanda-tanda kelemahan semacam ini, ada baiknya untuk melakukan beberapa tips berikut ini. Dilansir dari Gizchina, beberapa tindakan bisa diambil untuk mengembalikan performa ponsel pintar yang terasa melambat. Misalnya, dengan mematikan semua animasi dan transisi. Caranya, aktifkan opsi pengembang di ponsel cerdas jika belum melakukannya. Untuk melakukan ini, buka Pengaturan, pilih Tentang telepon, lalu ketuk tujuh kali nomor Build yang muncul di bagian bawah layar.

Perlu diketahui bahwa judul menu dapat bervariasi tergantung pada smartphone yang Anda gunakan. Anda harus menavigasi ke Pengaturan > Tentang ponsel > Informasi perangkat lunak > Nomor pembuatan, misalnya, pada ponsel cerdas Samsung.

Baca Juga :  Perawatan Injeksi pada Sepeda Motor

Memasukkan kode buka kunci akan memungkinkan Anda mengonfirmasi aktivasi opsi pengembang. Jika semuanya berjalan dengan baik, pesan yang mengatakan “Anda sekarang adalah pengembang” akan muncul di bagian bawah layar. Kemudian buka menu Opsi Pengembang. Perangkat Anda mungkin memiliki lokasi yang berbeda untuk menu Opsi Pengembang. Pada perangkat Samsung, itu terletak di bagian paling bawah menu Pengaturan, sedangkan pada ponsel cerdas Pixel Google, dan begitu juga di merek lainnya, bisa berbeda tempat.

Pos terkait