Truk Ekspedisi Antar Pulau Pilih Bongkar Muat di Bahu Jalan

Area Bongkar Muat Tak Terawat 

terminal bongkar muat
SEPI: Area Bongkar Muat Daerah (Abon Muda) di Batu Belaman eks pabrik jagung terlihat sepi dan kurang terawat. Sementara truk fuso masih menggunakan bahu jalan untuk aktivitas.

PANGKALAN BUN, radarsampit.com – Setelah diresmikan pada Desember 2022 silam, Area Bongkar Muat Daerah (Abon Muda) di lokasi Eks Pabrik Jagung PD Agrotama Mandiri terlihat tak terawat. Bahkan sudah jarang truk  melakukan bongkar muat di lokasi tersebut.

Pantauan di Area Bongkar Muat Daerah, Rabu (26/3/2024), lokasi seluas 7 hektare ini tampak sepi dan rumput liar juga sudah terlihat meninggi. Salah seorang warga yang berdomisili di sekitar lokasi ini mengatakan, sudah jarang truk bongkar muat di lokasi tersebut.

Bacaan Lainnya

“Masih ada yang bongkar muat tapi jarang, rata-rata mereka bongkar muat di bahu jalan di sepanjang jalan Pasir Panjang. Di lokasi area bongkar muat ini justru terkadang mereka stop di jalan yang kami lalui ini,” tutur salah seorang warga yang bermukim di sekitar lokasi tersebut.

Pemandangan bongkar muat di bahu jalan sangat mudah ditemui. Apalagi ketika ada kapal dari Pelabuhan Kumai tiba, banyak truk yang melakukan bongkar muat di bahu ahu jalan.

Baca Juga :  Sampah dan Sedimentasi Jadi Biang Banjir Di Pangkalan Bun

“Memang mereka pemacu roda ekonomi juga, tapi kan sudah disiapkan tempat bagus tapi masih saja bandel,” tutur warga lainnya.

Seperti diketahui, Pemkab Kobar telah mengambil langkah dalam penanganan bongkar muat di bahu jalan. Namun hal itu belum dibarengi dengan ketaatan dari para truk ekspedisi yang membawa barang dari luar pulau.

Penyediaan area tersebut juga sebagai langkah pemkab, dalam mendukung kebijakan nasional, bahwa Indonesia bebas kendaraan Over Dimension dan Over Loading (Odol) tahun 2023 lalu.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kobar Amir Hadi dikonfirmasi perihal ini menyayangkan lokasi yang telah disediakan justru tidak dimanfaatkan.

Penyediaan lokasi itu dengan harapan tidak ada lagi bongkar muat di bahu jalan sehingga tertib dan rapi. Pihaknya akan melakukan evaluasi terkait hal tersebut. (sam/yit)

 



Pos terkait