Tugas Berat KPU Dongkrak Partisipasi Rakyat di Pilkada Serentak

KPU Kotim
BAGIAN DARI EDUKASI: Jalan sehat yang digelar KPU Kotim sebagai upaya mendongkrak partisipasi pemilih pada Pilkada 2024 yang dilaksanakan November mendatang, Minggu (2/6/2024) di Taman Kota Sampit. (Heny/Radar Sampit)

SAMPIT, radarsampit.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) dihadapkan pada tugas berat meningkatkan partisipasi rakyat dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) November mendatang. Tingkat partisipasi mencapai 70 persen menjadi target penyelenggara dalam pesta demokrasi serentak tersebut.

Pengumpulan massa melalui jalan sehat jadi salah satu upaya KPU untuk mengejar target tersebut. Kegiatan yang dilaksanakan di Taman Kota Sampit, Minggu (2/6/2024) tersebut, dihadiri ratusan warga. KPU menyediakan sejumlah hadiah untuk menarik minat masyarakat yang jadi target untuk memilih pada pilkada mendatang.

Bacaan Lainnya

”Jalan sehat ini kami pilih sebagai bagian dari kegiatan sosialisasi meningkatkan partisipasi pemilih. Kami siapkan sekitar 84 hadiah untuk pemenang. Setiap pendaftar yang mengikuti jalan sehat, harus menunjukkan KTP yang artinya sudah berumur 17 tahun dan inilah edukasi yang ingin kami sampaikan. Bahwa warga Kotim yang berumur 17 tahun ke atas berhak menggunakan hak pilihnya pada Pilkada 27 November 2024 nanti,” kata Muhammad Rifqi, Ketua KPU Kotim.

Baca Juga :  Belasan Remaja Diamankan dari Sebuah Wisma

Rifqi berharap masyarakat Kotim aktif memastikan namanya masuk dalam daftar pemilih tetap. Petugas pemutakhiran data pemilih akan mendatangi rumah warga guna melakukan pendataan.

”Kami harap diterima dengan baik untuk mendata berapa anggota keluarga dalam KK yang memenuhi syarat masuk DPT,” katanya.

Rifqi melanjutkan, pada Pilkada 2020 lalu, partisipasi pemilih di Kotim hanya mencapai angka 60 persen lebih. ”Harapan kami, pada hari pemilihan, masyarakat Kotim mengajak keluarganya datang ke TPS memilih gubernur dan bupati. Kami juga berharap partisipasi pemilih bisa meningkat di angka 70 persen dan ini tentu menjadi tantangan kami untuk terus memberikan sosialisasi dan memastikan masyakarat masuk dalam daftar pemilih tetap,” tegasnya.

Pada momentum itu, KPU juga meluncurkan maskot  Pilkada 2024 yang diberi nama Si Kantang. Si Kantang ditetapkan sebagai maskot Pilkada Kotim 2024 setelah melalui sayembara Maskot Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kotim 2024 pada 20-27 April 2024 yang diikuti 24 peserta.



Pos terkait