Upaya Pemkab Kotim Tangani Jalan Rusak di Wilayah Perkotaan 

Respons Permintaan Warga, Perbaikan Langsung Dilakukan

perbaikan jalan
PERBAIKAN JALAN: Penimbunan agregat dan grading jalan berlubang menggunakan alat berat di Jalan Wengga Metropolitan, Kamis (16/5/2024). (Istimewa)

Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) berupaya membangun infrastruktur yang nyaman di wilayah perkotaan. Sejumlah titik yang rusak dan dikeluhkan langsung ditangani.

HENY, Sampit | radarsampit.com

Bacaan Lainnya

Jalan Wengga Metropolitan, Kelurahan Baamang Barat yang kondisinya rusak dan berlubang akhirnya ditangani pegawai Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga, Bina Konstruksi, Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (SDABMBKPRKP) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim).

Pantauan Radar Sampit, terdapat satu titik jalan rusak berlubang cukup dalam dan setiap hujan deras selalu tergenang banjir hingga berhari-hari. Pengendara yang kerap melintasi jalan tersebut, beberapa kali terkena jebakan lubang yang tertutup genangan air hingga ban terperosok masuk lubang.

”Perbaikan Jalan Wengga Metropolitan memang perlu segera kami tangani. Di satu titik dekat ritel modern ini sudah pernah ditimbun agregat dua rit beberapa minggu lalu, saat hujan deras dan banjir di beberapa titik ruas jalan dalam kota. Hari ini ditambah lagi penimbunan satu rit agregat,” kata Mentana Dhinar Tistama Kepala Dinas SDABMBKPRKP Kotim melalui Pengawas Teknis Jalan dan Jembatan Suhardiyono, Kamis (16/5/2024).

Baca Juga :  Kasus Pencurian Meteran, PDAM Sudah Melapor tapi Belum Direspons Polisi

Satu titik Jalan Wengga Metropolitan yang nampak rendah dari drainase diatasi dengan penimbunan agregat yang dibuat sedikit lebih tinggi.

”Penimbunan agregat agak ditinggikan agar ketika hujan air tidak banyak menggenang dan lekas mengalir ke drainase. Kami lihat drainase rumah warga tinggi dan tertutup semen, sehingga tidak ada jalur air mengalir yang mengakibatkan air menggenang hingga ke badan jalan,” katanya.

Setelah dilakukan penimbunan agregat, jalan digrading dan diratakan dengan bantuan alat berat. Tidak hanya satu titik. Titik lain setelah gerbang Jalan Wengga Metropolitan tikungan belok kanan setelah aspal hingga ke arah Bundaran Ikan Jelawat juga dilakukan grading untuk meratakan jalan yang berlubang dan bergelombang.

”Jalan Wengga Metropolitan yang satu titik ini nantinya akan diaspal setelah agregat benar-benar padat. Di titik lain di sepanjang sekitar 500 meter di Jalan Wengga Metropolitan ke arah Water Park juga di grading,” ujarnya.



Pos terkait