Warga Kubu Panik, Pesisir Kumai Diterjang Badai 

badai
Hujan deras disertai angin kencang memicu gelombang tinggi dan rob di tepi pantai Kubu, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kobar, Selada (14/5/2024). (Istimewa)

PANGKALAN BUN, radarsampit.com – Hujan deras disertai anging kencang memicu terjadinya gelombang tinggi yang menghantam pesisir Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Selasa (14/5/2024), pukul 13.15 WIB.

Terpaan angin dan gelombang membuat warga panik. Mereka berlarian guna menyelamatkan perahu yang ditambat di tepi pantai. Air laut juga naik ke daratan sejauh puluhan meter. Meski tidak ada kerusakan, namun kondisi cuaca ekstrem tersebut membuat warga kelabakan.

Bacaan Lainnya

Informasi dihimpun Radar Sampit, rumah makan yang berada di tepi pantai Kubu juga tergenang air laut. Mereka menaikan barang dagangan dan peralatan elektronik ke tempat yang lebih tinggi.

Warga Desa Kubu, Kecamatan Kumai, Reza mengungkapkan bahwa hujan deras disertai angin kencang, kemudian menyusul gelombang tinggi naik ke daratan Kubu.

“Badai angin dan pasang air rob, air laut naik sampai daratan, halaman parkir pintu buaya terendam air laut,” ungkapnya.

Baca Juga :  Pelaku Pembakaran Sepeda Motor di Kotim Jadi Tersangka

Air laut yang naik ke daratan mencapai kurang lebih 50-an meter dari pantai, akibatnya warung makan-warung makan yang berada di sepanjang Pantai Kubu terendam.

Beruntung lapak-lapak pedagang kecil yang berjualan makanan ringan tidak rusak, namun ada beberapa lapak yang terbalik kursinya. Fenomena cuaca ekstrem ini membuat warga panik.

“Saat hujan mulai reda air sedikit demi sedikit menyusut dan sudah mulai kering, kita khawatir dengan saudara kita yang sedang melaut saat cuaca buruk seperti saat ini,” keluhnya. (tyo/yit)

 



Pos terkait