Warga Ramai-Ramai Ziarah Kubur

Sejumlah warga Kota Palangka Raya memadati tempat pemakaman umum (TPU) untuk ziarah menjelang dan memasuki Ramadan tahun ini
ZIARAH: Sejumlah warga memadati tempat pemakaman umum (TPU) untuk ziarah menjelang dan memasuki Ramadan tahun 2022. (DODI/RADAR SAMPIT)

PALANGKA RAYA – Sejumlah warga Kota Palangka Raya memadati tempat pemakaman umum (TPU) untuk ziarah menjelang dan memasuki Ramadan tahun ini. Ramainya warga terlihat di TPU kilometer 12, TPU Bangaris, dan TPU Pal 2 Kota Palangka Raya, Sabtu (2/4) hingga Minggu (3/4).

Bandi seorang warga yang ziarah mengatakan, dirinya bersama keluarga rutin melakukan ziarah makam menjelang Ramadan. Selain menaburkan bunga, juga berdoa serta membaca ayat-ayat suci Alquran.

Bacaan Lainnya

”Ini sudah tradisi saat menjelang Ramadan maupun pada saat Ramadan. Termasuk nantinya saat menjelang Idulfitri. Bersama keluarga berziarah ke makam kerabat yang sudah meninggal dunia,” ujarnya.

Dia menuturkan, ziarah kubur merupakan salah satu budaya dan kebiasaan yang sering dilakukan masyarakat. Dalam Islam, ziarah kubur termasuk kegiatan yang dianjurkan Rasulullah SAW. Sebab, sesama manusia harus saling mendoakan, termasuk pada orang-orang yang telah meninggal.

”Ini untuk direnungi setiap manusia. Berziarah ke makam orang yang telah meninggal, tentu mengingatkan manusia bahwa tidak ada yang kekal di dunia. Semua orang akhirnya akan kembali pada pencipta-Nya. Bahwa manusia penuh dengan sifat rapuh dan tidak berdaya,” ujarnya.

Baca Juga :  Di Tengah Ramadan, Belasan Remaja Pesta Miras, Warga yang Resah Akhirnya Begini

Warga lainnya, Rusti Ayu mengatakan, dirinya bersama keluarga  datang ke TPU Pal 2 dan Bangaris untuk menziarahi makam kedua orang tuanya. ”Alhamdulillah, dengan kondisi saat ini tidak ada kendala. Sudah lama tidak ziarah, karena saya berada di Kabupaten Kapuas,” ujarnya.

Kendati masih dalam situasi pandemi Covid-19, dia tak khawatir tertular virus lantaran tetap menjalankan protokol kesehatan (prokes). Apalagi penyebaran virus itu juga telah melandai.

”Untuk kegiatan berziarah kali ini, kami tak lepas dari prokes. Tak lepas dari aturan yang ada. Kita sama sama menjaga kesehatan,” ujarnya.

Rusti menambahkan, selain mendoakan kerabat yang telah meninggal, dia juga mendoakan diri sendiri dan keluarga agar mendapatkan berkah di bulan Ramadan. ”Semoga selalu lebih baik ke depannya. Insya Allah Lebaran nanti juga akan berziarah,” tandasnya. (daq/ign)



Pos terkait