Warga Semangat Membudidayakan Ikan

Penyerahan bantuan bibit ikan nila kepada pokdakan di halaman kantor Dinas Perikanan Kotim, Senin (20/9).(yuni/radarsampit)

SAMPIT-Dua Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), dari Desa Bukit Batu Kecamatan Cempaga Hulu dan dari Kelurahan MB Hulu Ketapang,  menerima bantuan bibit dan pakan ikan dari Dinas Perikanan setempat.

Penyerahan bantuan dilakukan Kepala Dinas Perikanan Kotim Heriyanto, diakhir masa jabatannya di dinas tersebut Senin (20/9) kemarin, lantaran telah dilantik sebagai Staf Ahli Bupati Kotim.

Sebagai wujud perhatian, di akhir masa jabatannya sebagai pimpinan Dinas Perikanan, Heriyanto menyempatkan menyerahkan langsung bantuan bibit ikan nila dan pakan ikan, sekaligus untuk memberikan motivasi dan arahan kepada pokdakan untuk tetap semangat dalam kegiatan budidaya perikanan.

“Hari ini kami telah menyerahkan bantuan bibit ikan nila dan pakan ikan kepada dua pokdakan, semoga dengan bantuan tersebut dapat menambah semangat  mereka untuk membudidayakan ikan, karena banyak bermanfaat,” ujarnya.

Menurutnya konsumsi ikan sangat penting apalagi di masa pandemi seperti saat ini, karena ikan mempunyai kandungan protein yang cukup tinggi, sehingga bagus untuk kesehatan. Selain itu harganya pun sangat terjangkau, sehingga selain bisa dijual juga bisa dikonsumsi sendiri.

“Dengan bantuan yang diberikan diharapkan dapat dikelola dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dengan semangat untuk mengembangkan dan mengelola usaha budidaya dengan sebaik mungkin,” imbuhnya.

Diharapkan,  program bantuan tersebut dapat meningkatkan kompetensi sumber daya manusia (SDM) bidang perikanan budidaya sehingga dapat memberikan manfaat kepada anggota dan masyarakat di sekitarnya. Serta meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan keluarga dan juga kepada para pelaku usaha perikanan di Kotim umumnya.

Adapun bantuan yang diberikan kepada Pokdakan Lauk Itah dari MB Hulu Ketapang yakni 5.000 bibit ikan nila, dan Pokdakan Desa Bukit Batu Kecamatan Cempaga Hulu sebanyak 7000 bibit ikan nila, masing-masing juga mendapatkan bantuan pakan ikan sebanyak 20 kilogram.

Sementara itu, pengurus Pokdakan Lauk Itah Yayan, menyambut baik dan menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dinas Perikanan atas bantuan yang telah mereka terima. Kelompok penerima bantuan juga mengharapkan pembinaan dan bimbingan teknis dari dinas terkait bagaimana cara budidaya ikan yang baik dan berkelanjutan, sehingga dapat menumbuh kembangkan usaha dan keterampilan para pelaku usaha.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *