5 Khasiat Buah Naga Bagi Kesehatan Tubuh yang Belum Banyak Diketahui

buah naga
PANEN: Direktur Radar Sampit Siti Fauziah saat panen buah naga di Desa Kandan, akhir pekan lalu.

Radarsampit.com – Buah naga yang ditemukan di daerah tropis dan subtropis, memiliki popularitas tinggi di Indonesia karena rasanya yang lezat. Namun, manfaat buah naga tidak hanya terbatas pada rasa enaknya.

Buah ini juga dikenal kandungan nutrisinya yang melimpah, seperti vitamin, mineral, serat, kalori rendah, serta nutrisi lain yang bermanfaat bagi tubuh.

Bacaan Lainnya

Berikut adalah lima manfaat mengonsumsi buah naga untuk kesehatan tubuh yang berhasil kami rangkum dari sumber-sumber terpercaya:

  1. Meningkatkan Kesehatan Usus

Salah satu manfaat utama mengonsumsi buah naga adalah meningkatkan kesehatan usus. Buah naga dapat memicu pertumbuhan bakteri sehat seperti bakteri asam laktat dan bifidobacteria. Oleh karena itu, dikonsumsi secara rutin, buah naga dapat membantu mengurangi risiko infeksi dan diare pada saluran pencernaan.

  1. Mengatasi Sembelit

Selain rasa yang enak, buah naga juga mengandung serat yang baik untuk tubuh. Oleh karena itu, mengkonsumsi buah naga secara rutin dapat membantu mengatasi masalah sembelit.

  1. Mencegah Penuaan Dini
Baca Juga :  Sarankan MyPertamina Dihentikan

Kandungan antioksidan dalam buah naga sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit. Antioksidan ini berfungsi untuk menghambat enzim yang dapat mempengaruhi kesehatan kulit. Vitamin C yang terdapat dalam buah naga juga membantu mencegah tanda-tanda penuaan dini. Konsumsi buah naga secara rutin dapat menjadikan kulit lebih segar dan cerah.

  1. Mengurangi Risiko Kanker

Buah naga mengandung antioksidan yang dapat membantu mengurangi risiko beberapa jenis kanker, seperti kanker payudara, kanker prostat, dan kanker paru-paru. Dengan mengonsumsi buah naga secara teratur, Anda dapat melindungi diri dari potensi perkembangan kanker.

  1. Mengendalikan Kadar Gula Darah

Kandungan serat dalam buah naga berperan penting dalam mengontrol kadar gula darah. Serat tersebut dapat membantu menekan lonjakan gula setelah mengonsumsi makanan dengan indeks glikemik tinggi. Anda disarankan untuk mengonsumsi buah naga agar dapat menjaga kadar gula darah tetap stabil.



Pos terkait