Ada Wajah Baru dalam Proses Seleksi, BKPSDM Kotim Bilang Begini

Ada yang Diinfus Saking Stresnya

SELEKSI-TENAGA-KONTRAK-KOTIM
SELEKSI: Pelaksanaan evaluasi/seleksi tenaga kontrak Pemkab Kotim tahap I yang dilaksanakan di Tennis Indoor Stadion 29 November Sampit, belum lama tadi. (DOK.YUNI/RADAR SAMPIT)

SAMPIT, RadarSampit.com – Pelaksanaan seleksi tenaga kontrak (tekon) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Timur (Kotim) pada 23 Juni lalu, menjadi perbincangan publik. Musababnya, ada pelamar baru yang mengikuti tes, meski sebelumnya bukan sebagai honorer. Peserta demikian disebut-sebut orang-orang titipan.

Hadirnya wajah baru membuat sejumlah tenaga kontrak pesimistis bisa lolos. Hal tersebut membuat persaingan akan semakin ketat. Belum lagi apabila ada dugaan pelamar baru tersebut dimuluskan untuk lolos seleksi.

Bacaan Lainnya

”Tekon yang ada saja sudah banyak. Ini malah banyak muncul wajah baru,” ujar salah seorang tenaga kontrak di salah satu satuan organisasi perangkat daerah (SOPD) Kotim yang meminta namanya tak disebutkan, Sabtu (25/6).

Menurutnya, sebagai sesama honorer, umumnya mereka saling kenal. Dia juga memastikan ada wajah baru itu karena salah satu peserta orang yang dia kenal yang sebelumnya tak berstatus sebagai tenaga kontrak.

Baca Juga :  Seratus Lebih Tenaga Kontrak Kotim Dipastikan Gugur Seleksi Tahap Dua

”Jelas saya kaget. Saya kenal dia, kok dia ada waktu seleksi? Padahal, yang saya tahu, dia bukan tenaga kontrak,” ujarnya.

Selain dirinya, peserta lain yang sudah beberapa tahun menjadi tenaga kontrak juga kaget dengan munculnya sejumlah wajah baru saat seleksi. ”Teman saya juga banyak yang kaget. Ada tetangganya yang sehari-hari gak kerja, saat seleksi ada. Apa mungkin orang-orang titipan? Saya juga tak tahu. Pasrah saja,” ucapnya.

Kondisi demikian, lanjutnya, membuat proses seleksi menjadi tidak adil. Apalagi jika hasil akhirnya nanti justru pelamar baru yang lolos, sementara mereka yang lama harus tersingkir.

Pos terkait