Aksi Kriminal Berpotensi Meningkat, Polisi Minta Warga Waspada Tinggalkan Rumah

patroli kamtibmas
PATROLI: Aparat melakukan patroli ke permukiman masyarakat dan mengimbau agar waspada terhadap aksi kriminalitas. (IST/RADAR SAMPIT)

KASONGAN, radarsampit.com – Polres Katingan mengingatkan masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan menjelang Lebaran. Pasalnya, aksi kriminalitas berpotensi meningkat, terutama saat arus mudik sedang ramai-ramainya. Pencurian dengan menyasar rumah kosong yang ditinggal mudik rawan terjadi.

Kapolres Katingan AKBP I Putu Gede Widayana mengatakan, apabila rumah ditinggal saat mudik, agar diberitahukan pada tetangga sekitar atau ketua RT. Selain itu, masyarakat diminta membentuk poskamling guna mengantisipasi pencurian rumah kosong.

Bacaan Lainnya
Pasang Iklan

”Melalui aktifnya poskamling dapat meminimalisir tindak pidana pencurian di Katingan,” katanya, Kamis (6/4).

Dia melanjutkan, untuk mengantisipasi aksi kriminal, pihaknya akan membangun pos pengamanan mendekati Lebaran. Warga bisa memberikan laporan apabila ada kejadian pada petugas yang berjaga nantinya.

”Kami minta pihak RT dan RW aktif melakukan pengawasan terhadap wilayahnya masing-masing. Jika ada hal-hal yang mencurigakan dan tidak diinginkan, segera laporkan kepada pos pengamanan atau polsek terdekat,” katanya.

Baca Juga :  Pencurian dengan Target Rumah Kosong Mulai Marak

Putu mengaku telah menginstruksikan personel di setiap Mapolsek untuk turun patroli dan mengingatkan masyarakat menjelang Lebaran. ”Berikan teguran kepada masyarakat yang akan mudik dan harus memastikan kondisi rumah yang ditinggal pergi dalam waktu lama, terutama pintu sudah terkunci dan di dalam rumah dalam kondisi aman dari bahaya,” ujarnya. (sos/ign)



Pos terkait