ASN Laki-laki Bakal Punya Cuti Ayah

ilustrasi PNS
ilustrasi ASN

JAKARTA, radarsampit.com – Pemerintah serius membangun SDM berkualitas melalui kesejahteraan keluarga. Tekad ini terlihat dari pembahasan soal hak cuti ayah dalam Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang Manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN).

Menurut Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Abdullah Azwar Anas, salah satu poin yang akan diatur dalam aturan pelaksana UU Nomor 20 Tahun 2023 tentang ASN adalah hak cuti pendampingan bagi ASN pria yang istrinya melahirkan.

Bacaan Lainnya

Saat ini pemerintah tengah meminta masukan dari stakeholder terkait, termasuk DPR mengenai hak cuti yang merupakan aspirasi banyak pihak ini.

”Pemerintah akan memberikan hak cuti kepada suami yang istrinya melahirkan atau keguguran,” ungkapnya, kemarin.

Anas menegaskan, cuti mendampingi istri yang melahirkan merupakan hak ASN pria yang diatur dan dijamin oleh negara. sebelumnya, memang cuti bagi ASN pria yang istrinya melahirkan tidak diatur secara khusus. Selama ini yang diatur hanya cuti melahirkan bagi ASN perempuan saja.

Baca Juga :  Jokowi Teken Perpres Publisher Rights

Lebih lanjut dia mengungkapkan, hak cuti bagi karyawan pria yang istrinya melahirkan atau biasa disebut “cuti ayah” ini sudah jamak diberlakukan di sejumlah negara dan perusahaan multinasional. Waktu cuti yang diberikan bervariasi. Ada yang berkisar 15 hari, 30 hari, 40 hari, hingga 60 hari.

Dalam RPP ini sendiri, lama waktu cuti masih terus digodok. Di mana, nantinya akan diatur secara teknis di PP dan Peraturan Kepala BKN.

”Pemerintah berpandangan pentingnya peran ayah dalam pendampingan ketika sang istri melahirkan, termasuk saat fase-fase awal pasca-persalinan,” imbuh Mantan kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) tersebut.

Dia berharap,dengan pemberian hak cuti ayah ini maka kualitas proses kelahiran anak bisa berjalan dengan baik. Mengingat itu merupakan fase penting untuk menyiapkan sumber daya manusia (SDM) terbaik penerus bangsa.

Selain itu, bonding antara ayah dan anak pun bisa dilakukan dengan baik. Kehadiran ayah juga bisa membantu ibu dalam menurunkan kekhawatirannya dalam proses pengasuhan.



Pos terkait