Bantuan Banjir Kotim Terus Mengalir

bantuan
IKUT TERJUN: Wakil Bupati Kotim Irawati terjun langsung memantau banjir dan menyalurkan bantuan untuk warga yang terdampak, Kamis (26/8). (IST/RADAR SAMPIT)

SAMPIT – Bantuan terhadap warga yang terdampak banjir di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) terus mengalir. Wakil Bupati Kotim Irawati bersama rombongan menyalurkan langsung bantuan beras dan paket bahan pokok untuk korban bencana di Desa Tumbang Sangai, Kecamatan Telaga Antang, Kamis (26/8).

”Kedatangan kami ingin melihat langsung kondisi masyarakat yang terdampak banjir. Sekalian menyalurkan bantuan paket bahan pokok untuk masyarakat,” kata Irawati.

Bacaan Lainnya
Pasang Iklan

Irawati mengaku prihatin terhadap kondisi masyarakat yang rumahnya terendam banjir. Ketinggian banjir di Desa Sangai bisa mencapai 1,5 meter. Di titik tertentu, banjir mencapai bahu orang dewasa. Sebagian besar rumah warga yang di dataran rendah sudah terendam.

Meski demikian, kata Irawati, warga sudah terbiasa menghadapi banjir dan sudah mengantisipasi dengan membangun rumah panggung darurat di dalam rumah untuk tempat beristirahat. Setelah mengunjungi Kecamatan Telaga Antang, Irawati bersama rombongan akan melanjutkan perjalanan mengunjungi Kecamatan Bukit Santuai dan Mentaya Hulu.

Sebagai informasi, bantuan yang disalurkan berupa beras sebanyak 1.530 sak (5 kg per sak) dan 1.160 paket bahan pokok yang diperoleh dari sumbangan berbagai pihak. ”Semoga bantuan yang dikumpulkan secara bersama-sama ini dapat membantu masyarakat yang terdampak banjir,” katanya.

Baca Juga :  Ini Dia Pemicu Banjir di Palangka Raya

Kepala Dinsos Kotim Rusmiati mengatakan, pihaknya menyediakan bantuan sebanyak 100 paket bahan pokok berisi gula, sarden, minyak goreng, teh, dan kopi. Selain itu, ada pula 200 paket bahan pokok dari Dinsos Provinsi Kalteng yang akan disalurkan untuk korban banjir Kecamatan Bukit Santuai dan 100 paket lagi di Mentaya Hulu. Selain paket bahan kebutuhan pokok, Dinsos Kalteng juga memberikan bantuan selimut, pakaian anak-anak, susu, dan popok.

Sekretaris Camat Telaga Antang Oktav Pahlevi mengatakan, warga yang terdampak banjir di Telaga Antang tercatat sebanyak 1.004 KK yang tersebar di 10 desa dari total 18 desa.

”Untuk Desa Sangai yang terendam banjir cukup parah, sudah menerima bantuan kurang lebih 600 paket sembako yang diserahkan ke kecamatan. Sebagian ada yang langsung diserahkan Wabup Kotim berserta rombongan ke masyarakat yang terdampak banjir,” kata Oktav.



Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *