Banyak Lokasi Indah dan Menarik, Punya Nilai Sejarah Tinggi

Wisata Bukit Tungkul Lisung di Kapuas yang Belum Terjamah

Wisata Bukit Tungkul Lisung di Kapuas yang Belum Terjamah
POTENSI WISATA: Salah satu tempat di Bukit Tungkul Lisung, Kabupaten Kapuas, yang dinilai memiliki potensi wisata tinggi. (IST/RADAR SAMPIT)

Kabupaten Kapuas memiliki banyak potensi wisata yang tersembunyi dan belum terjamah. Salah satunya Bukit Tungkul Lisung di daerah Sei Hanyo, Kecamatan Kapuas Hulu.

ALEXANDER, Kuala Kapuas

Bacaan Lainnya

Bukit Tungkul Lisung berjarak ratusan kilometer meter dari Kota Kuala Kapuas, Ibu Kota Kabupaten Kapuas. Lokasinya berada di daerah Sei Hanyo, Kecamatan Kapuas Hulu.

Tempan nan indah itu hanya berjarak 10 kilometer dari Sei Hanyo, yang tingginya sekitar 2 Km, di Dusun Tosah, Desa Jakatan Pari. Ada tiga titik objek wisata yang menarik, seperti air terjun dan jeram.

Bongkahan batuan besar yang bentuknya menyerupai hewan serta batu gantung yang menyerupai gua, menambah daya tarik lokasi tersebut. Dari tempat itu, pengunjung bisa melihat Kabupaten Murung Raya.

Bambang Supriadi, warga setempat mengatakan, lokasi yang indah itu bisa menjadi destinasi wisata yang bakal menarik wisatawan. Hal tersebut juga akan meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dari pariwisata, serta meningkatkan perekonomian warga sekitar.

Baca Juga :  Melihat Potensi Wisata Hutan Mangrove di Desa Lampuyang  

”Bukit Tungkul Lisung ini sangat bagus dan saya yakin wisatawan akan tertarik dengan wisata alam ini,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, di Bukit Tungkul Lisung terdapat beberapa tempat menarik, seperti pemandian air terjun dengan air berwarna merah yang dipercaya sebagai tempat pemandian Bawi Kameloh. Selain itu, bebatuan besar yang menyerupai hewan dan gua, yang dipercaya sebagai lokasi pertapaan sekaligus persembunyian para pejuang, karena lokasinya tepat di bawah tebing.

”Kami berharap dinas terkait dapat mengolah lokasi itu agar dapat dibenahi dan terjaga keasriannya. Khawatirnya kalau dibiarkan akan merusak alam serta ekosistem di dalamnya yang bisa membuatnya tak bernilai lagi,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Dinas Budaya Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) Kapuas Suparman mengatakan, Kapuas memang banyak memiliki tempat wisata yang belum tersentuh dan murni wisata alam. Selain itu, memiliki nilai historis dan filosofi tinggi yang dapat menggaet wisatawan untuk berkunjung ke Kapuas.

Pos terkait