Begini Cara Pemkab Lamandau Siasati Biaya untuk Nyalakan PJU

Ilustrasi PJU. (net)

SUKAMARA – Bupati Sukamara Windu Subagio berharap pihak perusahaan swasta maupun BUMD terlibat dalam penerangan jalan umum (PJU) maupun sejumlah taman di kota Sukamara. Dengan adanya kerja sama itu bisa membantu pemerintah daerah dalam memberikan pelayanan dan peningkatan penerangan bagi masyarakat.

”Saya berharap peran serta pihak swasta membantu penerangan jalan maupun taman. PJU yang menggunakan tenaga surya di jalan sudah sebagian rusak, mungkin itu bisa diperbaiki sedikit,” terang Windu Subagio.

Bacaan Lainnya

Menurutnya rencana kerjasama bidang infrastruktur melibatkan pihak perusahaan perkebunan kelapa sawit, perbankan, dan pihak perusahaan lainnya. Objek kerjasama selain pemeliharaan jalan, juga termasuk penerangan jalan umum dan lampu taman kota. Kerjasama tidak ditentukan besar maupun batas waktunya.

Sebelumnya, kerja sama antara pemerintah daerah dan pihak swasta tahap pertama sudah dilakukan penandatanganan kesepakatan bersama. Empat perusahaan kelapa sawit dilibatkan dalam pemeliharaan jalan umum di sekitar mereka dengan menggunakan dana coorporate social responbility (CSR).

Menurutnya kerjasama dimaksudkan sebagai upaya bersama memanfaatkan sumber daya yang ada, dan mensinergikan antara pemerintah daerah dan perkebunan kelapa sawit agar penyelenggaraan pemeliharaan infrastruktur dapat berjalan secara efektif, efisien, dan terkoordinasi. Kerjasama direncanakan terus berlanjut dari tahap pertama, kedua dan seterusnya. (fzr/sla)

Pos terkait