CJH Kotim Dijadwalkan Berangkat Gelombang Pertama

SENAM HAJI
SENAM HAJI: Jemaah calon haji mengikuti peluncuran senam haji dan batik haji di Aula Jabal Rahmah secara luring dan daring virtual, Minggu (28/4/2024). (Istimewa)

SAMPIT, radarsampit.com – Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) telah menginformasikan jadwal keberangkatan ibadah haji pada tahun 2024.

Sebanyak 161 calon jemaah haji (CJH) Kotim dijadwalkan masuk keberangkatan gelombang pertama Kloter 6 embarkasi Banjarmasin yang tergabung dengan jemaah asal Kabupaten Katingan dan Kapuas.

Bacaan Lainnya

Sesuai jadwal, jemaah Kotim akan diberangkatkan menggunakan pesawat carter yang difasilitasi Pemkab Kotim sama seperti tahun lalu. Jemaah akan diberangkatan menuju asrama haji Banjarbaru dari Bandara Haji Asan Sampit menuju Bandara Syamsudin Noor pada 18 Mei 2024 dan dijadwalkan tiba pukul 09.00 WIB.

Jemaah calon haji Kotim akan menginap satu malam di asrama haji dan dijadwalkan berangkat dari Bandara Syamsudin Noor menuju Bandara Internasional Pangeran Mohammad bin Abdul Aziz pada pukul 08.20 WITA Minggu,19 Mei 2024 menggunakan pesawat garuda dengan nomor penerbangan GIA 8106.

”Tahun ini ada 161 jemaah calon haji yang siap berangkat ibadah haji dan insya Allah saya sendiri sebagai petugas haji kloter menjadi Ketua Kloter 6 yang ikut bersama jemaah,” kata Khairil Anwar, Kepala Kemenag Kotim, Minggu (28/4/2024).

Baca Juga :  Waspadai Misi Terselubung WNA  

Tahun ini, Pemkab Kotim juga memberikan pelayanan maksimal dengn memberangkatkan dua petugas haji yang dibiayai Pemkab Kotim sebagai pembimbing ibadah, yaitu Aceng Abudin dan petugas kesehatn Norliyana.

”Tahun ini juga ada kebijakan penggabungan mahrom, suami dengan istri, orang tua dengan anak. Tahun sebelumnya tidak ada penggabungan mahrom,” katanya.

Lebih lanjut Khairil menjelaskan, Kotim mulanya mendapatkan kuota sebanyak 144 orang, yang terdiri dari jemaah sesuai nomor urut porsi dan jemaah prioritas lansia.

Dari 144 orang itu ada 124 orang yang siap berangkat dan telah melunasi biaya keberangkatan haji. Kemudian, Kalteng mendapatkan tambahan kuota sebanyak 76 orang dan untuk Kotim mendapat tambahan kuota 11 jemaah.

Selain itu, ada penggabungan mahrom 8 orang, jemaah mutasi keberangkatan karena pindah domisili 9 orang dan kuota cadangan 9 orang sehingga total ada 161 jemaah calon haji yang siap berangkat.



Pos terkait