Desak Pemkab Bartim Maksimalkan Serapan Belanja Modal

Wakil Ketua I DPRD Bartim Ariantho S Muller

TAMIANG LAYANG – Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Barito Timur Ariantho S Muller meminta Pemkab Bartim lebih memaksimalkan penyerapan anggaran belanja modal.

”Pencapaian belanja modal semester I masih 20 persen, sehingga DPRD meminta untuk terus menggenjot penyerapan anggarannya,” katanya, di Tamiang Layang, Kamis (29/7).
Politikus PKPI ini mengingatkan agar eksekutif mengejar sisa waktu enam bulan pada tahun ini untuk lebih ekstra berkerja keras agar program kerja yang sudah dijadwalkan yang berkenaan dengan hajat hidup orang banyak, seperti infrastruktur, pertanian, perkebunan, belanja sosial, dan belanja hibah, penyerapan anggarannya lebih dipercepat.
”Dari hasil pembahasan realisasi anggaran semester I, pemerintah daerah menyampaikan secara keseluruhan serapan anggaran mencapai 42 persen. Ternyata, penyerapan yang maksimal pada belanja pegawai, sedangkan di biaya hibah, biaya sosial, dan biaya infrastruktur masih di bawah 20 persen,” jelasnya.

Bacaan Lainnya

Lebih lanjut dia mengatakan, serapan anggaran secara keseluruhan sebesar 42 persen memang terlihat cukup tinggi. ”Namun, DPRD tidak lepas dari fungsi pengawasannya. Kami tetap memberikan masukan dan saran. Kami tidak melihat globalnya saja, tetapi memilah bagian mana yang penyerapannya maksimal. Ternyata yang lebih maksimal di belanja pegawainya saja,” katanya.

”Sesuai instruksi Presiden, seharusnya dalam kondisi pandemi Covid-19 ini, eksekutif mengoptimalkan pembiayaan yang berkaitan dengan hajat hidup orang banyak,” tambahnya lagi.

Ariantho berharap ada keseimbangan antara belanja pegawai dan belanja modal yang dapat menyentuh hajat hidup orang banyak. ”Kami dari DPRD tidak menyalahkan, namun lebih mendorong untuk meningkatkan kepentingan orang banyak sesuai dengan visi-misi Kabupaten Barito Timur,” pungkasnya. (apr/ign)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar