DLH Akan Bangun Depo Sampah di Wengga Metropolitan

bupati kotim cek sampah
TINJAU: Bupati Kotim Halikinnor didampingi Kepala DLH Kotim Machmoer meninjau kondisi Depo Sampah di Jalan Tatar, akhir Juli lalu. (DOK.YUNI/RADAR SAMPIT )

SAMPIT, radarsampit.com – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) akan kembali membangun depo sampah di kawasan Wengga Metropolitan, Kecamatan Baamang.

“Kita nanti akan membangun depo sampah di Wengga. Masyarakat di sekitar sana bisa membuang sampah di depo tersebut,” kata Kepala DLH Kotim Machmoer.

Bacaan Lainnya
Gowes

Tahun ini pihaknya mendapatkan dana pokok pikiran (Pokir) untuk pembangunan depo sampah. Saat ini, depo masih dalam tahap perencanaan.

“Tahun ini kita ada dapat pokir, masih dalam tahap perencanaan. Jadi kita bangun tahun ini bertahap,” sebutnya.

Machmoer menyebut, dana yang dibutuhkan untuk membangun satu depo sampah sekitar Rp 1 miliar, lengkap dengan fasilitas ruang terbuka hijau, sehingga bisa digunakan untuk bersantai.

Sementara itu, Camat Baamang Sufiansyah menyambut baik  rencana dibangunnya depo sampah di Wengga Metropolitan. Selama ini  masyarakat masih sering membuang sampah tidak di tempat yang seharusnya. Misalnya membuang sampah di lahan kosong yang ada di kawasan Terowongan Nur Mentaya Sampit.

Baca Juga :  Peletakan Batu Pertama Pembangunan Pabrik Pengolahan Limbah Medis B3 di Kotim

“Perkembangan penduduk di Baamang pesat sekali, jadi perlu ada penambahan depo sampah. Dengan penduduk yang sudah lebih 50 ribu jiwa berarti sampah sangat banyak sekali,” ungkapnya.

Sebelum depo sampah Wengga berdiri, dirinya berharap masyarakat miliki kesadaran untuk tidak lagi membuang sampah sembarangan. Dirinya mengarahkan masyarakat untuk membuang sampah di depo-depo sampah yang telah tersedia, seperti depo sampah di belakang SMPN 3 dan depo sampah yang ada di Jalan Tidar. (yn/yit)



Pos terkait