HUT BP Jamsostek Ke-45, Kesejahteraan Pekerja Jadi Prioritas

Tingkatkan Sosialisasi, Kampanyekan Kerja Keras Bebas Cemas

foto hut bp jamsostek (hgn)
RAYAKAN HUT: Jajaran manajemen Radar Sampit memberikan kue ulang tahun pada Kepala BP Jamsostek Cabang Sampit Yunan Shahada. (HENY/RADAR SAMPIT)

SAMPIT, radarsampit.com – Terbitnya PP Nomor 33 Tahun 1977 menjadi tonggak sejarah berdirinya Perusahaan Umum (Perum) program Asuransi Sosial Tenaga Kerja (Astek). Melalui program ini, setiap pemberi kerja atau pengusaha dan BUMN diwajibkan mengikuti untuk memberikan perlindungan dan jaminan sosial para pekerja di Indonesia.

Program perlindungan terhadap tenaga kerja sebenarnya sudah lama dibentuk pada tahun 1952. Dulunya dinamakan Yayasan Dana Jaminan Sosial. Berjalannya waktu, di tahun 1995, lembaga yang diselenggarakan pemerintah untuk memberikan perlindungan terhadap pekerja berubah nama menjadi Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek).

Bacaan Lainnya

Perubahan itu kembali terjadi pada tahun 2014 lalu. Lembaga pemerintah ini kembali berganti nama menjadi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS Ketenagakerjaan).

Agar mudah masyarakat menyebutnya, pada akhir tahun 2019 lalu BPJS Ketenagakerjaan resmi menggunakan nama panggilan yang lebih ringkas, yaitu BP Jamsostek. BP Jamsostek memiliki peran dan tanggung jawab memberikan perlindungan bagi tenaga kerja untuk mengatasi risiko sosial ekonomi akibat hubungan kerja.

Baca Juga :  Rugikan Negara Ratusan Juta, Kades di Seruyan Dipenjara

Tahun ini, 45 tahun sudah usia BP Jamsostek berdiri di Indonesia. Semua cabang BP Jamsostek di seluruh kabupaten/kota Se-Indonesia merayakan momen bersejarah itu. Di BP Jamsostek Cabang Sampit, jajaran pegawai menggelar upacara dan syukuran sederhana memotong nasi kuning tumpeng untuk memperingati hari berdirinya BP Jamsostek.

Momen sukacita itu juga tak ingin dilewatkan Direktur Radar Sampit Siti Fauziah bersama jajaran manajemen Radar Sampit untuk memberikan kue ulang tahun dengan polesan krim berwarna hijau cerah yang identik dengan warna BP Jamsostek.

”Selamat hari jadi BP Jamsostek yang ke-45 tahun. Semoga dapat terus memberikan pelayanan yang terbaik dan semoga program yang sedang direncanakan maupun yang sedang dilaksanakan dapat berjalan sukses,” kata Fauziah.

Pos terkait