Jadi Tuan Rumah FTIK, Kotim Ikuti 10 Cabang Lomba 

bupati
OPTIMIS: Bupati Kotim Halikinnor melepas Kontingen Festival Tandak Intan Kaharingan (FTIK) Kotim, Halikinnor optimis kontingen Kotim bisa meraih gelar juara umum pada FTIK Tingkat Pusat XI Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2023, Senin (18/12/2023). (YUNI/RADAR SAMPIT)

SAMPIT, radarsampit.com – Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) menjadi tuan rumah penyelenggaraan Festival Tandak Intan Kaharingan (FTIK) Tingkat Pusat XI Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2023. Pada festival ini Kotim mengikuti 10 cabang lomba, yakni lomba kendayu, lomba tandak,  pandehen, cerdas cermat, lomba karungut, tari daerah dan lainnya.

“Kontingen Kotim yang mengikuti FTIK tahun ini berjumlah 95 peserta dengan 12 orang pelatih,” kata Agus, Ketua Lembaga Tandak Intan Kaharingan Kotim sekaligus sebagai ketua rombongan Kontingen Kotim, Senin (18/12/2023).

Bacaan Lainnya

Festival Tandang Intan Kaharingan Tingkat Pusat XI Provinsi Kalteng diselenggarakan mulai 18 – 21 Desember 2023 di Kota Sampit. Pembukaan secara resmi digelar Selasa 19 Desember 2023 di Volly Indoor Stadion 29 November Sampit.

Kontingen sudah melakukan persiapan kurang lebih selama sebulan.  Kontingen Kotim dilepas secara resmi oleh Bupati Kotim Halikinnor di halaman rujab Bupati Kotim, Senin (18/12). Pada kesempatan itu Bupati Kotim berharap kontingen Kotim bisa meraih juara umum.

Baca Juga :  Gapki Kalteng Berbagi dengan Anak Panti

Menanggapi hal tersebut, dengan melihat segala kesiapan yang dilakukan oleh para kontingen mampu memberikan dan keluar sebagai juara umum dalam festival ini.

Peserta yang menjadi kontingen Kotim berasal dari 17 kecamatan. Sedangkan kontingen dari kabupaten lain sebanyak 13 kabupaten/kota. Hanya Kabupaten Barito Timur yang absen.

Dari sekian banyak cabang lomba yang dipertandingkan, lomba tandak atau manandak adalah salah satu cabang lomba yang diunggulkan dari kontingen Kotim. Meski demikian kontingen Kotim harus tetap berjuang keras karena ada beberapa kabupaten yang menjadi pesaing berat. “Kalau berbicara persaingan berat, ada Kota Palangka Raya, Katingan dan Gunung Mas, dengan cabang yang hampir sama, kita punya keunggulan semua di masing-masing cabang lomba,” tandasnya.

Sementara itu dalam acara pelepasan, Bupati Kotim Halikinnor mengucapkan selamat kepada para peserta telah terpilih dan masuk sebagai Kontingen Kabupaten Kotim untuk berlaga pada perhelatan FTIK tingkat pusat XI Provinsi Kalimantan Tengah.



Pos terkait