Jaring Lebih Banyak Pemilih Pemula

Kerja Sama dengan Sekolah hingga Perguruan Tinggi

sosialisasi pemilih pemula
SAMBUTAN: Kepala Kesbangpol Kotim Sanggul L Gaol menyampaikan sambutan pada kegiatan sosialisasi pendidikan politik pemilih pemula, Kamis (28/7). (YUNI/RADAR SAMPIT)

SAMPIT, RadarSampit.com – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) berharap lebih banyak lagi target sosialisasi terhadap pemilih pemula terkait pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Untuk itu, pihaknya ingin bekerja sama dengan pihak sekolah maupun perguruan tinggi untuk dapat melakukan sosialisasi di lingkungan pendidikan tersebut.

Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Kesbangpol Kotim Sanggul L Gaol dalam sambutannya pada kegiatan sosialisasi pendidikan politik terhadap pemilih pemula, yang pesertanya terdiri dari sejumlah pelajar dan mahasiswa. Namun, dia menilai sosialisasi semacam itu belum bisa maksimal.

Bacaan Lainnya

”Memang kita sadari bahwa dengan cara mengundang mereka seperti ini sebenarnya representatif, karena tidak bisa mewakili seluruh pemilih pemula di Kotim,” ujarnya.

Sebab itulah, pihaknya ingin membuat terobosan bekerja sama dengan dunia pendidikan di Kotim. ”Inilah yang akan kami carikan solusinya. Bagaimana nanti supaya bisa dari seluruh target pemilih pemula yang ada di  Kotim, minimal bisa mencapai 30-40 persen jumlah pemilih pemula yang bisa disosialisasikan dengan cara melakukan kerja sama dengan sekolah maupun perguruan tinggi, di mana pada tahun 2024 usia mereka mencapai 18 tahun,” ujarnya.

Baca Juga :  Libatkan Camat dan Kades untuk Sosialisasi Syarat Adminduk

Sanggul berharap dengan keterbatasan dana, tenaga dan biaya, bisa terjalin sinergisitas antara pemerintah dengan lembaga pendidikan dan kelompok masyarakat lainnya, terkait sosialisasi pendidikan politik bagi pemilih pemula.

”Pihak sekolah bisa meminta waktu kepada kami. Nanti kami akan datang ke sekolah untuk bisa mengarahkan mereka, sehingga bisa terpenuhi keinginan kita untuk bisa memberikan pemahaman yang baik kepada mereka dalam rangka persiapan untuk Pemilu  2024, sehingga bisa lebih terbuka, lebih tersosialisasikan dengan baik dan kita menuju kepada demokrasi yang lebih bagus nantinya,” ujarnya.

Pos terkait