Kisah Perempuan-Perempuan Hebat di Kotim

Kasih Ibu untuk Keluarga dan Bangsa

peringatan hari ibu
Perempuan-Perempuan Hebat di Kotim. (M Faisal/Radar Sampit)

Paradigma usang perempuan hanya mengurus dapur telah lama ditinggalkan. Perempuan kini telah tampil jadi yang terdepan. Mereka membagikan kasihnya pada keluarga dan bangsa.

radarsampit.com

Bacaan Lainnya

Kongres Perempuan Indonesia I di Yogyakarta pada 22-25 Desember 1928 silam, menjadi cikal bakal lahirnya Hari Ibu yang diperingati setiap 22 Desember. Kongres itu merupakan tonggak sejarah kebangkitan perempuan Indonesia.

Hari Ibu sendiri baru ditetapkan pada Kongres Perempuan Indonesia III yang digelar 1938 di Bandung. Diputuskan lagi melalui Keputusan Presiden (Keppres) Republik Indonesia Nomor 316 Tahun 1959 tentang Hari-Hari Nasional Yang Bukan Hari libur.

Semangat dan makna Hari Ibu itu tetap hidup hingga kini. Bukan hanya menghargai peran dan jasa perempuan sebagai seorang ibu, melainkan juga menghargai peran serta jasa perempuan secara keseluruhan. Mulai dari perempuan sebagai ibu, istri, maupun warga negara.

Berangkat dari semangat itulah sejumlah perempuan di Kabupaten Kotawaringin Timur mampu membuktikan bahwa perempuan tak kalah dengan laki-laki. Mereka sukses dalam berbagai bidang dan menginspirasi perempuan lainnya untuk ikut mengisi pembangunan tanpa melupakan keluarga sebagai fondasi utama.

Baca Juga :  PARAH!!! Proyek Jalan di Cempaga Hulu Belum Tuntas, Truk Diperbolehkan Melindas

Wakil Bupati Kotim Irawati boleh dibilang sebagai perempuan tersukses di Kotim. Dia mampu mengubah pandangan bahwa pemimpin tak selalu didominasi para pria. Melalui Pilkada Kotim 2020, mendampingi Halikinnor sebagai Bupati, Irawati mencatatkan sejarah baru sebagai perempuan pertama di Kotim menjabat Wakil Bupati.

Perempuan kelahiran Simpang Empat 25 November 1977 silam ini bukanlah sosok politikus ‘kaleng-kaleng’. Dia pernah menduduki jabatan politik sebagai anggota DPRD Kalteng dari PDIP.

Irawati juga mencatatkan jejak pada sejumlah organisasi, seperti Wakil Bendahara KNPI Kotim, Wakil Ketua III PKK Kotim, Wakil Ketua Karang Taruna Provinsi Kalteng, Wakil Ketua I Karang Taruna Kotim dan Divisi Penguatan Jaringan di P2TP2A Kotim.

Pos terkait