KPU Kotim Lantik 555 Anggota PPS

kpu kotim lantik pps
PELANTIKAN: Prosesi pelantikan anggota PPS di Kotim, Selasa (24/1). (YUNI/RADAR SAMPIT)

SAMPIT, radarsampit.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) menggelar pelantikan 555 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk 185 desa/kelurahan. Pelantikan dilaksanakan di Aquarius Boutique Hotel Sampit, Selasa (24/1).

“Ada 555 anggota PPS yang dilantik. Pelantikan digelar secara langsung dan daring,” kata Ketua KPU Kotim Siti Fathonah Purnaningsih kemarin.

Bacaan Lainnya

Pelantikan anggota PPS yang dilakukan secara langsung sebanyak tiga kecamatanm yakni Kecamatan MB Ketapang, Baamang, dan Seranau. Sedangkan 14 kecamatan lainnya mengikuti secara online di kantor kecamatan masing-masing.

Siti menerangkan, tugas utama PPS adalah membantu proses setiap tahapan, juga instruksi yang diberikan baik oleh KPU provinsi maupun KPU kabupaten.

“Tahapan yang paling dekat dengan yang akan dilaksanakan oleh PPS adalah proses pemutakhiran daftar pemilih, yaitu tugas pertamanya dan merekrut pantarlih, karena proses pemutakhiran data pemilih tidak bisa kami melaksanakan sendiri, sehingga ada petugas yang namanya petugas pemutakhiran daftar pemilih yang membantu teman-teman PPS dalam proses pencoklitan dengan jumlah sesuai dengan jumlah TPS yang kami susun saat ini,” terangnya.

Baca Juga :  TRAGIS!!! Habis Bikin Status WhatsApp, Perempuan Muda Tewas Gantung Diri

Siti menyebut, Februari mendatang mulai coklit dan tidak lama lagi proses rekrutmen pantarlih untuk membantu anggota PPS dan yang paling dekat juga dilaksanakan oleh teman-teman PPS yaitu verifikasi faktual untuk DPD.

Pengambilan sumpah janji anggota PPS terpilih berdasarkan keputusan KPU Kotim, setelah melalui proses seleksi dan pemilihan sesuai dengan ketentuan dan peraturan perundang-undangan.

Pelantikan PPS Kotim dihadiri oleh Bupati Kotim Halikinnor beserta unsur Forkopimda. Dengan dilantiknya PPS Kotim Bupati mengucapkan selamat kepada seluruh anggota PPS, baik yang hadir secara langsung maupun yang mengikuti proses pengambilan sumpah janji dan pelantikan secara online di kecamatan masing-masing.

“Dengan dilantiknya anggota PPS menandakan sah berdasarkan ketentuan perundang-undangan sebagai bagian dari penyelenggaraan pemilu yang akan melaksanakan tahapan-tahapan pemilihan umum di tingkat desa atau kelurahan,” kata Halikinnor.

Pos terkait