Lamandau Diterjang Cuaca Ekstrem, Listrik Padam dan Rumah Terendam  

banjir
RUMAH TERENDAM: Hujan deras disertai petir terjadi di Nanga Bulik Kabupaten Lamandau, Senin (1/4/2024) pukul 15.00 WIB.  

NANGA BULIK, radarsampit.com – Hujan deras disertai petir terjadi di Nanga Bulik dan sekitarnya pada Senin (1/4/2024) pukul 15.00 WIB. Cuaca ekstrim tersebut mengakibatkan aliran listrik padam dan rumah warga  Kelurahan Nanga Bulik dan Desa Kujan terendam.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lamandau Hendikel membenarkan bahwa pihaknya mendapatkan sejumlah laporan dari masyarakat pada sore kemarin.

Bacaan Lainnya

Pihaknya harus menurunkan tim reaksi cepat (TRC) untuk membantu warga yang membutuhkan pertolongan.

“Belum bisa dikatakan banjir. Kondisi air Sungai Lamandau belum meluap. Hanya saja curah hujan sangat tinggi, sehingga genangan air cepat masuk ke rumah warga  di daerah rendah. Saluran pembuangan airnya kurang baik,” ungkapnya.

Tim BPBD menurunkan pompa air untuk membantu mengeluarkan air yang masuk ke rumah warga . Ada beberapa rumah di Kelurahan Nanga Bulik dan Desa Kujan yang meminta pertolongan untuk mengatasi kelebihan air ini.

Baca Juga :  Warga Raja Seberang Lega, Jembatan Ulin akan Dicor Beton

“Melihat prakiraan cuaca dari BMKG hujan ringan sampai pukul 16.00 WIB. Tapi entah kenapa tiba-tiba turun hujan sangat deras disertai petir,” tuturnya.

BPBD mengimbau masyarakat untuk selalu waspada potensi bencana yang timbul secara mendadak. Termasuk kondisi kelistrikan rumah yang mungkin terganggu akibat petir dan air hujan. (mex/yit)

 



Pos terkait