Lapas Sukamara Pantau Narapidana Pakai Pakai Alat Ini

teropong lapas sukamara
LAPAS : Petugas Lapas Sukamara saat memantau aktivitas warga binaan melalui pos atas menggunakan teropong. (Fauzi/Radar Sampit)

SUKAMARA, radarsampit.com – Upaya menjaga kondusifitas di lingkungan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Sukamara, Kalimantan Tengah. Petugas keamanan yang berjaga di pos atas secara aktif melaksanakan pemantauan aktivitas dan kegiatan para warga binaan. Pemantauan itu bertujuan melihat gerak-gerik dan lalu lintas warga binaan di seputaran lingkungan Lapas.

“Pengawasan dan pemantauan di pos atas sangat penting untuk mengetahui apa saja aktivitas yang dilakukan oleh warga binaan, serta meminimalisir kegiatan illegal yang mungkin saja bisa dilakukan,” kata Kepala Sub Seksi Keamanan dan Ketertiban Robbi Yatullah.

Bacaan Lainnya
Gowes

Ia menambahkan bahwa petugas pengamanan yang berjaga di pos atas Lapas Sukamara telah dilengkapi dengan peralatan pengamanan yang cukup memadai, seperti alat komunikasi dan teropong. Dengan peralatan komunikasi itu antar petugas bisa terjalin dengan baik sehingga bisa mendeteksi pencegahan.

Baca Juga :  Kerja Keras Padamkan Karhutla di Kelurahan Padang Sukamara

“Dengan dilakukannya pemantauan yang efektif serta koordinasi sesama petugas, kami dapat mengidentifikasi potensi ancaman dan mengambil langkah-langkah pencegahan yang diperlukan secara proaktif,” tegas Robbi Yatullah.

Terkait tingkat keamanan Lapas, sebelumnya Kepala Lapas Sukamara Joko Prayitno menegaskan bahwa pihaknya melaksanakan penjagaan dengan ekstra keras. Pasalnya ada tembok yang roboh, sehingga rawan terjadi hal yang tidak diharapkan.

Lantaran itulah, pihaknya juga telah mengusulkan kepada pemerintah daerah untuk membantu pembuatan tembok sementara dari seng setinggi tiga meter. “Sudah kami usulkan mudah-mudahan segera terealisasi agar tingkat keamanan Lapas lebih baik lagi,” harapnya. (fzr/fm)



Pos terkait