Mal Pelayanan Publik Habaring Hurung Cukup Memuaskan, tapi…

mal pelayanan publik kotim
MENUNGGU: Warga sedang menunggu pengurusan administrasi kependudukan di loket Disdukcapil Kotim di MPP Habaring Hurung, Senin (16/1). (YUNI/RADAR SAMPIT)

SAMPIT, radarsampit.com – Masyarakat Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) diberikan kemudahan sejak Mal Pelayanan Publik (MPP) Habaring Hurung, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) mulai beroperasi 7 Januari 2023 lalu. Pelayanan dinilai sudah cukup bagus. Hanya saja, warga berharap fasilitas pendukung, seperti pendingin ruangan bisa ditingkatkan.

Seorang warga Sampit, Rahman, Senin (16/1), datang ke MPP Habaring Hurung untuk mengurus administrasi kependudukan di loket Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil). Dia mendapatkan pelayanan yang ramah dari pegawai yang bertugas di loket tersebut.

Bacaan Lainnya

”Tadi mengurus pindah domisili. Pelayannya ramah. Cuma agak lama menunggu cetaknya, karena data harus menunggu. Harus dikirim ke Kantor Disdukcapil dulu, menunggu tanda tangan kepala dinasnya. Sekitar satu jam lebih menunggu tanda tanggannya. Kalau untuk berkasnya cepat,” ujarnya.

Blangko KTP yang masih kosong membuat Rahman mendapatkan KTP cetak sementara. Selain KTP sementara, dia juga mendapatkan kartu keluarga (KK) baru, karena pindah domisili.

Baca Juga :  Klinik Islamic Center Kembali Beroperasi

”Tadi cetak satu paket KK dan KTP pindah domisili. KK-nya sudah cetak asli, tapi KTP masih cetak sementara, menunggu blangkonya. Katanya sekitar Februari blangko ada.

Nanti, kalau blangko sudah datang, katanya bisa ke mal lagi buat cetak fisik KTP, ” jelasnya.

Hadirnya MPP di tengah Kota Sampit, menurutnya, mempermudah masyarakat mengurus administrasi ataupun keperluan lainnya, tanpa harus datang ke kantornya langsung. Bahkan, mengurus KK dan KTP tidak perlu lagi pengantar RT.

”Sekarang untuk KK dan KTP, tidak lagi minta pengantar dari ketua RT dan kelurahan, langsung datang saja ke mal, bawa KK dan KTP asli, langsung dilayani setelah mengisi formulir,” ujarnya.

Rahman juga tidak antre lama saat pengurusan administrasi penduduk. Hal itu karena masih banyak masyarakat yang tidak mengetahui kemudahan layanan publik yang diberikan pemerintah daerah. Meskipun awalnya dia sempat bingung, karena baru kali pertama ke MPP, ternyata harus mengambil nomor antre untuk memilih layanan mana yang ingin dituju di buku tamu digital yang terletak di sisi kanan tangga naik.

Pos terkait