Mendadak, Anang Dirjo Copot Suyanto Sebagai Sekda Kobar

Juni Gultom Ditunjuk Jadi Pelaksana Tugas

penyerahan sk plt
PLT SEKDA KOBAR: Pj Bupati Kobar Anang Dirjo menyerahkan SK Plt Sekda Kobar kepada Juni Gultom, Senin (10/10) (Istimewa/Radar Sampit)

PANGKALAN BUN, radarsampit.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kotawaringin Barat, Suyanto mendadak dicopot. Selanjutnya Pj Bupati Kobar Anang Dirjo menyerahkan Surat Keputusan (SK) Pelaksana Tugas (Plt) kepada Juni Gultom untuk menggantikan Suyanto. Proses penyerahan SK Plt Sekda Kobar ini dilakukan di Kantor Bupati Kobar, Senin (10/10) sore.

Pencopotan Sekda Kobar ini  juga membuat banyak pejabat dan masyarakat bertanya-tanya. Karena kabar ini menyeruak secara mendadak. Meski sebelumnya kabar perombakan pejabat ini telah sering terdengar. Namun tak kunjung terlaksana. Hingga akhirnya munculah informasi tersebut.

Kabar ini dibenarkan Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kobar Aida Lailawati. Menurutnya kegiatan di Kantor Bupati Kobar itu hanya penyerahan SK Plh Sekda Kobar.

“Di aula Bupati, tidak ada pelantikan hanya penyerahan SK Plt Sekda. SK tersebut diserahkan Pj Bupati Kobar kepada Juni Gultom,” ujarnya.

Aida juga menyebut hanya jabatan Sekda Kobar yang diganti. Dari sebelumnya dijabat Suyanto dan sekarang digantikan Juni Gultom sebagai Plt Sekda Kobar.

Baca Juga :  Satpol PP Gerebek Ruko Penjual Miras

Diketahui bahwa Juni Gultom merupakan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kobar. Setelah dicopot, belum diketahui jabatan apa yang selanjutnya akan diemban Suyanto.

Hal yang sama disampaikan Asisten I Setda Kobar Tengku Ali Syahbana. Ia menyebut bahwa penyerahan SK Plt Sekda Kobar itu benar dan merupakan kewenangan pimpinan. “Benar ada penyerahan SK Plt Sekda Kobar. Jadi Sekda Kobar yang sebelumnya Suyanto digantikan Juni Gultom,” katanya.

Sedangkan Suyanto saat dikonfirmasi tak menyebutkan secara jelas soal penggantian dirinya. Ia meminta media menanyakan langsung ke Pj Bupati Kobar. “Silakan tanya ke PJ Bupati Kobar saja mas,” katanya singkat. (rin/sla)

Pos terkait