Musim Hujan Datang, Banjir Ancam Warga Bantaran Sungai Lamandau

banjir lamandau
TERENDAM: Jalanan di Desa Sungai Mentawa, Kabupaten Lamandau, mulai terendam banjir. (Istimewa/Radar Sampit)

NANGA BULIK, radarsampit.com – Intensitas hujan yang cukup tinggi sepekan terakhir membuat permukaan air Sungai Lamandau kembali naik. Warga desa yang tinggal di bantaran sungai mulai waspada, karena air sungai sudah mulai masuk dan merendam jalanan desa.

Salah satunya warga Desa Sungai Mentawa, Kecamatan Bulik. Beberapa titik jalan dalam desa sudah mulai terendam air. ”Ada jalan dalam desa yang sudah terendam air. Tapi ini nanti akan ditimbun lagi oleh kontraktor, karena tahun ini di jalan tersebut ada proyek penimbunan jalan. Semoga nanti tidak terendam lagi,” kata Pj Kades Sungai Mentawa, Fahrul Raji.

Bacaan Lainnya

Sementara untuk ruas jalan antara Desa Bunut ke Desa Sungai Mentawa, ada empat titik yang terendam. Dua titik di antaranya sudah terendam sekitar 45 cm.

”Dengan melihat kondisi air yang diperkirakan akan terus naik, kami sudah mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap bencana banjir yang mungkin datang secara tiba-tiba, karena kita tidak tau kondisi cuaca di daerah hulu sungai,” katanya.

Baca Juga :  Volume Sampah di Sampit Meningkat Jelang Natal dan Tahun Baru

Dia juga mengimbau masyarakat agar selalu menjaga kesehatan dan kebersihan. Pasalnya, saat ini banyak penyakit yang menyerang masyarakat, seperti flu dan batuk, serta demam berdarah. (mex/ign)



Pos terkait