Nyaris Dipatuk King Cobra Saat Akan Cuci Tangan

cobra 2
EVAKUASI ULAR: Heru saat rescue ular jenis king cobra di kawasan Pasar Pagi Cempaka, Kumai Hulu, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kobar, Sabtu (11/11). (Istimewa/Radar Pangkalan Bun)

PANGKALAN BUN, radarsampit.com – Ular jenis King Cobra sepanjang hampir tiga meter dijinakkan salah seorang warga di kawasan Pasar Cempaka, Jalan H Abdul Aziz, RT 01, Kelurahan Kumai Hulu, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat, Sabtu (11/11).

Ular yang terkenal dengan racun mematikan tersebut nyaris saja mematuk seorang anak yang bermaksud mencuci tangan. Beruntung matanya sempat melihat sesuatu yang mencurigakan di dekat kran air. Melihat itu, anak tersebut segera menghindar dengan perlahan dan kemudian melaporkan kepada orang tuanya.

Bacaan Lainnya

Ketua Komunitas Pecinta Reptil Kumai (Koper-Ku) Herudin menceritakan, ular king cobra tersebut berada di antara tumpukan sterofoam dekat dengan kran air yang setiap harinya digunakan oleh pemilik rumah.

“Saat saya datang setelah diberitahu oleh anak pemilik rumah, ular tersebut berada diantara boks sterofoam, lumayan besar dan panjang,” ujarnya.

Meskipun berpengalaman menangani ular maupun buaya, Heru harus berhati-hati mengingat ular king cobra merupakan jenis ular dengan racun yang dikenal mematikan.

Baca Juga :  BPJAMSOSTEK Gelar FGD Perbup Kobar 14/2021

Menggunakan stik ia mencoba mengait badan ular yang berada di gegelapan tersebut, setelah berhasil mengait badanya ia tarik ke tempat yang lebih terang.

“Kemudian saya tekan kepalanya dengan stik dan saya tangkap, kemudian saya bawa keluar agar lebih aman dan memudahkan untuk penanganan selanjutnya,” imbuhnya.

Kemudian ular tersebut dimasukan ke dalam karung, dan ular tersebut nantinya akan dilepas dihabitatnya.

Ia mengimbau kepada masyarakat agar ketika menjumpai satwa liar agar tidak melakukan penanganan mandiri bila tidak berpengalaman.”Segera laporakan kepada kami, dan kepada BPBD atau animal rescue Damkar Kobar,” pungkasnya. (tyo/sla)

 

Pos terkait