Pawai 1 Muharram Dipusatkan di Mentaya Hilir Selatan  

Persiapan MTQ Kotim 80 Persen, Panitia Sediakan 22 Rumah Singgah  

Pawai 1 Muharam
MENINJAU: Sekda Kotim Fajrurrahman mengecek Lapangan Porsada di Kelurahan Basirih Hilir, yang akan menjadi titik lokasi acara pelaksanaan MTQ ke-55 tahun tingkat Kabupaten Kotim, Rabu (3/7/2024) pagi. (Istimewa)

SAMPIT, radarsampit.com – Pawai peringatan 1 Muharram 1446 Hijriah yang jatuh pada Minggu 7 Juli 2024 akan diiikuti banyak peserta.

Pawai sebagai bagian dari rangkaian pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-55 Kabupaten Kotawaringin Timur akan diikuti para kafilah dari 17 kecamatan. Kegiatan dipusatkan  di Kecamatan Mentaya Hilir Selatan.

Bacaan Lainnya
Gowes

“Tadinya sesuai rencana pawai memang rutin diadakan Kecamatan Mentaya Hilir Selatan (MHS) setiap tahun sekali menyambut tahun baru Islam. Bertepatan tahun ini MHS sebagai tuan rumah dalam pelaksanaan MTQ sehingga pawai akan digelar di hari yang sama,”  kata Syahrial, Camat Mentaya Hilir Selatan, Rabu (3/7/2024).

Pawai akan dilaksanakan pada Minggu (7/7/2024) pagi pukul 07.00 WIB. Titik kumpul start di depan Masjid Al Ikhlas Jalan Umar Hasyim dan finish di Lapangan Porsada yang menjadi lokasi utama kegiatan pembukaan MTQ.

“Saat rapat evaluasi akhir di kantor kecamatan, Ketua PHBI Kotim menyampaikan arahan dari Pak Bupati bahwa pawai peringatan 1 Muharram di Kotim disatukan dengan kegiatan pawai di Samuda yang akan diikuti semua SOPD, ormas islam, sekolah dan unsur masyarakat. Sehingga, jumlah pesertanya diperkirakan mencapai ribuan,” katanya.

Baca Juga :  Kalteng Damai Harga Mati! Polda Antisipasi Kemungkinan Terburuk saat Pelaksanaan Pemilu

Di hari yang sama pada pukul 19.00 WIB, juga akan digelar pembukaan MTQ ke-55 tahun tingkat kabupaten oleh pelaksana Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kotim dan Festival Seni Qasidah (FSQ) ke-10 tahun oleh pelaksana DPD Lembaga Seni Qasidah Indonesia (LASQI) Nusantara Jaya Kotim di Lapangan Porsada.

Dalam beberapa minggu terakhir, panitia juga telah mempersiapkan satu panggung utama berukuran 12 meter x 20 meter dan panggung kehormatan berukuran 8 meter x 12 meter, saling berhadapan. Panggung akan didirikan setinggi 40 cm dari tanah.

Lapangan Porsada seluas 90 meter x 80 meter juga telah ditimbun pasir sebanyak 53 rit menggunakan dana swadaya.

Bupati Kotim Halikinnor bersama Sekretaris Daerah (Sekda) Kotim sekaligus Ketua LPTQ Kotim Fajrurrahman telah meninjau kesiapan lokasi acara pada Sabtu (22/6/2024)  dan Rabu (3/7/2024).



Pos terkait