Peringati Hari Anak Nasional 2022, Pelajar Sampaikan Aspirasi Ini ke Bupati Kotim

bupati kotim hari anak nasional
HARI ANAK: Bupati Halikinnor berbincang dengan seorang anak saat peringatan Hari Anak Nasional 2022 di Sampit, Jumat (22/7). (IST/RADAR SAMPIT)

SAMPIT, RadarSampit.com – Momen peringatan Hari Anak Nasional 2022 di Kabupaten Kotawaringin Timur, dimanfaatkan anak-anak di daerah itu untuk menyampaikan sepuluh poin aspirasi kepada Bupati Halikinnor sebagai representasi pemerintah daerah setempat.

”Kami menyampaikan atas nama anak Kabupaten Kotawaringin Timur. Kami berharap aspirasi kami bisa penuhi,” kata Nurwiyanti, salah seorang pelajar di Sampit, Jumat.

Bacaan Lainnya

Pernyataan sikap yang mereka sebut suara anak daerah Kabupaten Kotawaringin Timur  2022 dibacakan saat peringatan Hari Anak Nasional di atrium Citimall Sampit. Turut hadir dalam acara itu Kapolres AKBP Sarpani, Dandim 1015 Sampit  Letkol Inf Abdul Hamid, Sekretaris Daerah Fajrurrahman dan pejabat lainnya.

Pernyataan sikap itu dibacakan oleh Hanuf Nurwiyanti yang merupakan siswi MAN Kotawaringin Timur dan Rahmad Firdaus yang merupakan siswa SMAN 2 Sampit. Mereka didampingi belasan pelajar lainnya yang turut tampil di pentas acara.

Baca Juga :  Satu Jam Langsung Ludes, Berharap Inflasi Terkendali melalui Pasar Murah

Pertama, memohon kepada pemerintah daerah untuk menekan tingginya angka Perkawinan Usia Anak (PUA) dengan mengoptimalkan edukasi mengenai Undang-Undang Perkawinan Usia Anak (UU PUA) kepada masyarakat Kabupaten Kotawaringin Timur, khususnya para orang tua dan melalui kerja sama lainnya dengan lembaga swadaya masyarakat.

Kedua, mendorong pemerintah daerah dalam menggencarkan sosialisasi dan pengawasan pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) dari usia dini untuk meningkatkan pendataan, pelayanan publik, perlindungan dan pemenuhan hak konstitusional warga negara.

Pos terkait