Polres Gunung Mas Gelar Tes Urine Mendadak di THM

tes urine gumas
MENDADAK: Sejumlah pengunjung THM menjalani tes urine yang digelar Satres Narkoba Polres Gumas, Minggu (17/12/2023) malam. (HUMAS POLRES GUNUNG MAS FOR RADAR SAMPIT)

KUALA KURUN, radarsampit.com – Menjelang perayaan Natal dan tahun baru (Nataru), jajaran Satuan Reserse (Satres) Narkoba Polres Gunung Mas (Gumas) menggelar tes urine mendadak kepada sejumlah pengunjung di tempat hiburan malam (THM). Seperti di cafe yang terletak di Kurun Seberang, Jalan Lintas Kuala Kurun-Palangka Raya.

“Tes urine ini adalah upaya mengurangi penggunaan dan peredaran narkoba yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas),” ucap Kapolres Gumas AKBP Asep Bangbang Saputra, melalui Kasat Narkoba Iptu Abi Wahyu Prasetyo, Senin (18/12/2023).

Bacaan Lainnya

Dikatakannya pula, pelaksanaan tes urine menjadi langkah preventif untuk memastikan seluruh masyarakat yang berkunjung ke THM bebas dari pengaruh narkoba dan obat-obatan terlarang, yang dapat membahayakan diri sendiri maupun orang lain. “Tes urine ini juga merupakan salah satu tindakan untuk meningkatkan keamanan selama perayaan nataru, yang bertujuan mendeteksi adanya zat-zat terlarang yang mungkin dikonsumsi pengunjung THM,” imbuh Abi Wahyu Prasetyo.

Baca Juga :  Wabup Irawati: Satu Suara Sangat Penting untuk Partisipasi Pembangunan 

Ia menjelaskan, pengambilan sampel urine akan dilakukan secara acak terhadap pengunjung THM tanpa memandang status sosial atau profesinya. Diharapkan ini akan menjadi upaya efektif dalam meminimalisir peredaran narkoba di THM. “Kami juga menyampaikan imbauan kepada para pengunjung THM agar menghindari penggunaan narkoba dan bertanggung jawab atas keselamatan diri sendiri dan orang lain selama perayaan nataru,” tegasnya.

Selain itu tambah Abi, juga diimbau kepada seluruh pengelola THM agar proaktif menjaga kamtibmas di lingkungan tempat beroperasi. Harus bekerja sama dengan kepolisian dan memberikan informasi yang dibutuhkan untuk mengungkap aktivitas ilegal, seperti penyalahgunaan narkoba.

“Dengan adanya pengawasan ketat dari Polres Gumas dan kesadaran bersama untuk menjaga kamtibmas, maka diharapkan perayaan nataru bisa berjalan aman dan damai,” tandasnya. (arm/gus)



Pos terkait