Ribuan Pelajar Terima Bantuan Program Gumas Pintar

bantuan pendidikan gumas
SIMBOLIS: Suasana penyerahan bantuan program Gunung Mas Pintar kepada pelajar, di Kecamatan Mihing Raya, belum lama ini. (DISKOMINFO SANTIK FOR RADAR SAMPIT)

KUALA KURUN, radarsampit.com – Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Gunung Mas (Gumas), telah menyerahkan bantuan program Gunung Mas Pintar kepada ribuan peserta didik Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Bantuan itu melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Gumas tahun 2023.

“Ada 1.999 peserta didik penerima bantuan program Gunung Mas Pintar. Terdiri dari 1.333 peserta didik SD dan 666 peserta didik SMP,” ucap Kepala Disdikpora Kabupaten Gumas Aprianto, melalui Kabid Pembinaan SD dan SMP Silpanus, Jumat (5/1/2024).

Bacaan Lainnya

Diuraikannya, bantuan yang diberikan itu berupa seragam dan perlengkapan sekolah, seperti baju seragam merah putih, topi, dasi dan bordir nama, baju seragam biru putih, dasi dan bordir nama, baju olahraga, baju pramuka topi dan dasi, sepatu dan kaus kaki dan tas.

Baca Juga :  Kawal Hak Pilih Masyarakat Gunung Mas

“Kami juga memberikan bantuan alat tulis lengkap, yaitu buku tulis, buku gambar, kotak pensil, pensil, pulpen dan mistar set,” tambah Silpanus.

Dia menjelaskan, penerima bantuan program Gunung Mas Pintar ini berasal dari usulan pihak sekolah, yang memilih penerima bantuan sesuai dengan kriteria yang sudah diatur dalam Peraturan Bupati (Perbup) Gumas Nomor 22 Tahun 2023.

“Perbup itu mengatur tentang pedoman pemberian bantuan pakaian seragam dan perlengkapan sekolah, melalui Program Gunung Mas Pintar bagi peserta didik yang kurang mampu pada jenjang SD dan SMP,” tuturnya.

Ditambahkan Silpanus, kriteria yang dimaksud adalah peserta didik aktif yang sudah terdaftar di satuan pendidikan, memiliki Kartu Indonesia Pintar atau surat keterangan tidak mampu, berdomisili dan memiliki Kartu Keluarga (KK) di Kabupaten Gumas, dan tidak pernah menerima bantuan yang sama dari pihak lain.

“Kami berharap bantuan program Gunung Mas Pintar bisa dimanfaatkan untuk menunjang peserta didik dalam bersekolah mencari ilmu,” tandasnya. (arm/gus)

 



Pos terkait