Warga Sukamara Getol Ajak Warganya Olah Udang Vaname

panen udang vaname
PANEN: Anggota Bumdes Dami Jaya Desa Sungai Damar, Kecamatan Pantai Lunci, saat melakukan panen udang vaname di kolam yang mereka kelola. (istimewa/radar sampit)

SUKAMARA, radarsampit.com – Dicanangkannya Kabupaten Sukamara sebagai sentra udang vaname, maka kedepan diharapkan dapat meningkatkan usaha perekonomian masyarakat secara terpadu, hingga mencakup pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan usaha kuliner. Pelaku usaha kecil diajak turut bersinergi dengan mengolah produk berbahan dasar udang vaname.

Setiap usaha masyarakat seperti UMKM, pedagang hingga penjual eceran bahkan pedagang keliling dapat menyediakan udang vaname sebagai produk unggulan. Dengan begitu udang vaname dijadikan branding daerah, sehingga Kabupaten Sukamara lebih dikenal sebagai sentra penghasil udang vaname.

Bacaan Lainnya

Pihak Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan Sukamara, juga siap mendorong kreativitas pelaku usaha masyarakat dalam menciptakan kreasi olahan makanan berbahan dasar udang vaname. Selain mendukung program pengembangan vaname, upaya itu juga diharapkan menjadi produk olahan yang bisa menjadi andalan bagi daerah.

“Budidaya udang vaname sudah digalakkan dan diharapkan ada olahan yang bisa menjadi produk andalan dari Kabupaten Sukamara dengan bahan dasar udang vaname ini,” ujar Kepala Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan Sukamara Iswan Gemayana, belum lama tadi.

Baca Juga :  Irawati Ajak Umat Makmurkan Masjid

Pihaknya berharap, para pelaku usaha kecil masyarakat bisa menciptakan olahan makanan berbahan dasar udang itu dengan berbagai kreasi. Salah satu upaya mendorong agar kreatifitas itu muncul adalah dengan membuat lomba cipta kreasi makanan berbahan udang vaname.

“Diharapkan melalui lomba seperti itu memunculkan ide kreatif masyarakat dalam membuat olahan makanan berbahan dasar udang vaname. Sehingga tercipta berbagai macam olahan yang bisa menjadi produk andalan Kabupaten Sukamara. Silakan kembangkan ide dan kreatifitas yang menjadikan ciri khas,” pungkas Iswan Gemayana.(fzr/gus)



Pos terkait