Semak Belukar Berkobar, Diduga Sengaja Dibakar

kebakaran lahan
KARHUTLA: Petugas gabungan TNI, Polri dan BPBD memadamkan lahan terbakar di Jalan MT Haryono, Sampit, Kamis (29/7) siang. (IST/RADAR SAMPIT)

SAMPIT – Lahan yang berada di Jalan MT Haryono, Sampit, terbakar, Kamis (29/7) pukul 10.15 WIB. Lahan yang berada dekat dengan permukiman itu diduga sengaja dibakar.

Kapolsek Ketapang AKP Samsul Bahri, membenarkan tentang peristiwa kebakaran lahan tersebut. Menurutnya, luas lahan yang terbakar 20 x 50 meter persegi dengan tekstur lahan vegetasinya adalah semak belukar.

Bacaan Lainnya

”Kami masih selidiki penyebab kebakaran. Namun, jika dilihat sepertinya dilakukan secara sengaja. Untuk mengetahui lebih lanjut, sementara ini kami masih melakukan pencarian terhadap pemilik lahan,” ujar Samsul.

Lanjutnya, api dapat dipadamkan setelah petugas dari tim Karhutla datang melakukan pemadaman, serta melakukan pendinginan untuk memastikan api benar-benar padam agar tidak merembet ke lahan lainnya.

Samsul juga mengimbau dan menegaskan kepada masyarakat yang berada di wilayah hukumnya, agar tidak membuka lahan dengan cara membakar karena cuaca saat ini sudah memasuki musim kemarau.

Baca Juga :  GAWAT!!! Gembong Narkoba Semakin Merajalela

”Diketahui bersama, beberapa hari ini cuaca sedang panas. Saya harap masyarakat tidak membakar lahan. banyak cara lain yang bisa dilakukan untuk membuka lahan. Kita semua tidak mau bencana Karhutla dan kabut asap terulang seperti dulu lagi,” ujarnya.

Agar tidak terulang kembali kebakaran lahan, Samsul memerintahkan seluruh anggotanya untuk setiap hari melakukan patroli secara berkala di titik rawan seperti di Jalan MT Haryono Barat, Jalan Moh Hatta atau Jalan Lingkar Selatan.

Dirinya menegaskan, akan menindak tegas bagi para pelaku pembakar lahan sesuai peraturan dan Undang-Undang yang berlaku.

”Jadi, jangan sesekali mencoba membakar lahan kalau tidak ingin berurusan dengan hukum,” tegasnya. (sir/fm)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *