SMP Astra Agro Lestari Jadi Parameter Sekolah Sehat dan Adiwiyata Mandiri

smp astra agro lestari
BERBAGI INOVASI: Tim Adiwiyata SMP Astra Agro Lestari mengajak tim studi tiru dari DS Bumitama dan SMPS Bumitama untuk melakukan keliling di lingkungan sekolah.(Istimewa)

Menurutnya, implementasi Adiwiyata di SMP Astra Agro Lestari berdampak langsung pada kenyamanan lingkungan belajar di sekolah pada akhirnya.

Hal ini meningkatkan motivasi belajar dan rasa betah siswa berada di sekolah. Pemahaman dan kesadaran lingkungan siswa pun semakin meningkat sehingga membentuk karakter siswa-siswi menjadi lebih baik.

Dalam kesempatan itu, Ahmad Rofik juga mempresentasikan tiga kreasi pengolahan limbah sawit berupa: biobaterai, briket, dan biopolybag. Ketiga inovasi ini merupakan kreasi siswa dalam mengamati permasalahan dan memanfaatkan potensi yang ada di sekitar sekolah.

Tim sekolah Bumitama pun mendapat kesempatan untuk berkeliling di lingkungan SMP Astra Agro Lestari.

Mereka berkesempatan melihat secara langsung sistem pengelolaan tanaman hidroponik, mengunjungi ruang aula pertunjukan karya daur ulang, sistem pengelolaan sampah organik dan anorganik, green house, instalasi pengolahan air limbah, serta berbagai implementasi yang secara nyata dapat diamati, dipahami sistem kerjanya, untuk kemudian dapat diadopsi di sekolah masing-masing.(*)

 

 

 



Baca Juga :  Postingan SARA di Kalteng Ini Memantik Emosi Warga

Pos terkait