Tim Yustisi Pajak Daerah Satroni Gedung Sarang Walet

Pasang Spanduk Keterlambatan Pembayaran Pajak

yustisi walet 1
PERSUASIF: Satpol PP dan Damkar beserta instansi terkait saat memasang spanduk pemberitahuan keterlambatan pembayaran pajak sarang burung walet. (Satpol PP/Radar Pangkalan Bun)

PANGKALAN BUN, RadarSampit.com – Tim Yustisi Pajak Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat pasang spanduk pemberitahuan keterlambatan pembayaran pajak di sejumlah bangunan sarang burung walet di Kota Pangkalan Bun.

Tim yang terdiri dari Satuan Polisi Pamong Praja dan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) dan kelurahan melakukan penyisiran sesuai dengan data wajib pajak yang belum melunasi kewajibannya.

Kepala Bidang Pengawasan, Pemeriksaan dan Pengembangan PAD Bapenda Kobar Nuriasih mengatakan, pemasangan spanduk itu merupakan upaya optimalisasi penerimaan pajak daerah sebagaimana diamanatkan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah dan Peraturan Daerah Nomor 15 Tahun 2018 tentang Pajak Sarang Burung Walet.

yustisi walet 2
Tim Yustisi Pasang Peringatan kepada pemilik gedung walet yang belum terdaftar dan juga belum membayar pajak daerah (Satpol PP/Radar Pangkalan Bun)

“Tim menyasar Kelurahan Sidorejo, Madurejo, Raja, Mendawai, dan Kelurahan Baru pada tanggal 19-20 September 2022 lalu,” ujarnya Kamis (22/9).

Pihaknya berharap upaya persuasif dengan pemasangan spanduk pemberitahuan itu dapat meningkatkan kesadaran wajib pajak dalam membayar pajak khususnya pajak sarang burung walet yang ada di Kabupaten Kobar.

Kasat Pol PP dan Damkar Kobar Majerum Purni menyatakan keterlibatan pihaknya dalam tim yustisi ini sesuai dengan salah satu tugas pokok dan fungsi Satpol PP yaitu penegakan peraturan daerah dan peraturan kepala daerah.

Baca Juga :  Selama Tahun 2022, BKSDA Telah Lepasliarkan Ratusan Satwa 

“Satpol PP dan Damkar Kabupaten Kotawaringin Barat selalu siap dan bersinergi dengan seluruh dinas yang ada di Kabupaten Kotawaringin Barat,” kata Majerum.(sla)

Pos terkait