Warga Perumahan di Sampit Ini Sebulan Lebih Krisis Air Bersih

Pasokan Bermasalah, PDAM Sebut Kesalahan Rancangan Developer Perumahan

pdam cek jaringan
PENGECEKAN: Petugas PDAM saat mengecek salah satu titik jaringan pipa PDAM di wilayah Kelurahan Baamang Hulu, Jumat (28/4) malam. (IST/RADAR SAMPIT)

SAMPIT, radarsampit.com – Sejumlah warga Kelurahan Baamang Hulu, Kecamatan Baamang, kesulitan menikmati air bersih. Musababnya, pasokan air PDAM tidak lancar, macet, dan keruh. Untuk memenuhi kebutuhan air, warga terpaksa harus keliling dan mengeluarkan biaya lebih untuk membeli air.

Rewi, warga Perumahan Kencana Permai, Jalan Tjilik Riwut, Sampit, mengatakan, bermasalahnya pasokan air PDAM di wilayahnya terjadi sejak beberapa bulan terakhir.

Bacaan Lainnya
Gowes

”Sekitar Februari air PDAM di tempat saya tidak lancar. Mengalirnya cuma saat tengah malam. Waktu subuh pun kadang air sudah macet dan setiap hari seperti itu,” kata Rewi, Jumat (28/4) lalu.

Rewi dan warga setempat telah melaporkan hal tersebut ke PDAM. Akan tetapi, mereka diminta menunggu untuk ditindaklanjuti.

”Terakhir saya lapor lagi kemarin (Kamis) dan hari ini (Jumat). Disuruh menunggu lagi. Tetangga saya juga sudah pernah lapor, tapi sama saja tidak segera ditindaklanjuti,” ujarnya.

Informasi yang diterima Rewi dari PDAM, macetnya air PDAM di wilayah Kelurahan Baamang Hulu pernah terjadi karena terjadi gangguan pada jaringan pipa. Namun, hal itu disebutkan telah normal.

Baca Juga :  Peringatan Bagi Para Kepsek! Pj Bupati Terbitkan Edaran Soal Seragam, Penjualan LKS, dan Perpisahan

”Nyatanya, daerah tempat saya air yang mengalir masih macet dan tidak lancar,” ungkap Rewi.

Rewi menyadari tempatnya tinggal berada di ujung dan jauh dari saluran pipa induk PDAM. Warga perumahan tersebut juga mengeluhkan hal yang sama, pasokan air tak lancar.

”Walaupun lokasi kami jauh dari saluran pipa PDAM, masa kami hanya bisa menikmati air PDAM di jam-jam ketika orang tertidur lelap saja? Harusnya kan ada solusinya dari PDAM. Bagaimana agar kami sebagai pelanggan bisa menikmati air PDAM lancar. Jangan hanya disuruh menunggu tanpa kepastian,” ucap pelanggan PDAM yang sudah berlangganan sejak lima tahun terakhir ini.

Rewi mengungkapkan, ada beberapa blok alias jalur di Perumahan Kencana yang mengalami hal serupa. ”Yang saya ketahui ada 15 rumah yang berlangganan air PDAM macet. Padahal dulu ini yang memasang jaringan saluran pipanya petugas PDAM. Kalau ditotal di perumahan kami ada 5 blok dengan jumlah 90 unit rumah, tapi memang belum semua berpenghuni,” ujarnya.



Pos terkait