Waspadai Ancaman Angin Kencang

Cuaca-Ekstrem_Hendra-EkaJawa-Pos_Jawa-Pos-1-229-750x501
ilustrasi cuaca ekstrem (jawapos.com)

SAMPIT – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Bandara Haji Asan Sampit mengimbau agar warga Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) tetap waspada terhadap potensi angin kencang dan hujan deras yang diprediksi akan terjadi dalam sepekan kedepan.

”Tetap waspada potensi hujan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir atau kilat dan angin kencang di wilayah Kalimantan Tengah bagian utara,termasuk Kotim,” kata Musuhanaya, Kepala BMKG Kotim, Minggu (18/4).

Bacaan Lainnya

Berdasarkan data prakirawan cuaca Minggu (19/4), pukul 09.45 WIB, potensi angin kencang dan hujan deras diprediksi berlangsung mulai 18-24 April 2021 di Kotim dan di delapan wilayah kabupaten lainnya, seperti, Kotawaringin Barat, Lamandau, Murung Raya, Barito Utara, Gunung Mas, Katingan, Seruyan, dan Sukamara.

”Tiga hari kedepan diprediksi terjadi pada wilayah bagian utara dan empat hari kedepannya terjadi dibeberapa kabupaten dibagian selatan,” katanya.

Baca Juga :  Ratusan Juta Melayang saat Gedung Walet Ludes Terbakar

Musuhanaya mengimbau warga tetap waspada terhadap potensi genangan air, banjir, dan pohon tumbang akibat hujan dan angin kencang.

”Tetap waspada saat berkendara. Sedia mantel atau payung sebelum hujan. Pangkas pohon yang  rawan tumbang dan rutin bersihkan selokan dilingkungan sekitar untuk menghindari genangan air,” katanya.

Musuhanaya menambahkan, cuaca di wilayah Kotim umumnya berawan hingga hujan ringan sampai deras dengan suhu berkisar antara 22 -34 derajat celcius dan kelembapan udara berkisar 50-100 persen dengan arah angin yang cenderung bertiup dari arah tenggara menuju arah barat berkecepatan antara 10 km per jam.

”Hujan diprediksi rata-rata terjadi pada sore hingga malam hari dalam sepekan kedepan,” tandasnya. (hgn/ign)



Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *