Waspadai Cuaca Ekstrem Akhir Tahun, SOPD Kotim Diminta Cekatan

pohon tumbang
CUACA EKSTREM: Pohon tumbang di Sampit saat hujan disertai angin kencang pada 18 November lalu.

SAMPIT, radarsampit.com – Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) Halikinnor  mengingatkan semua pihak mewaspadai cuaca ekstrem belakangan ini. Dia memerintahkan satuan organisasi perangkat daerah (SOPD) untuk lebih cekatan dalam menghadapinya.

Halikinnor mengatakan, penghujung tahun biasanya curah hujan cukup tinggi. Kondisi ini mengakibatkan tergenangnya sebagian tempat di Kabupaten Kotawaringin Timur. Menyikapi hal tersebut, pemkab perlu meningkatkan kewaspadaan terhadap datangnya curah hujan yang lebih tinggi dan bahaya banjir yang sewaktu-waktu bisa saja terjadi.

Bacaan Lainnya

Bupati memerintahkan instansi terkait lebih waspada dan responsif terhadap tempat-tempat yang rawan banjir terutama pada daerah permukiman, perkantoran, rumah sakit, rumah ibadah dan tempat-tempat umum lainnya, serta dampak yang ditimbulkannya.

“Kita harus waspada dan terus menerus memelihara kebersihan di lingkungan masing–masing untuk mencegah kemungkinan yang membahayakan,” kata dia.

Halikinoor juga menekankan kepada dinas teknis untuk mengawasi pohon-pohon tua yang berpotensi tumbang di musim hujan karena rawan menimpa pengguna jalan dan warga lainnya yang berada di kawasan permukiman.

Baca Juga :  Polres Kotim Gencarkan Operasi Yustisi, Tempat seperti Ini Targetnya

“Pohon-pohon yang sudah lapuk harus cepat ditangani,” ujar orang nomor wahid di Kotim tersebut. (ang/yit)

Pos terkait