Aksi Nyata BUMN untuk Penguatan Kompetensi Sang Pengemban Pilar Demokrasi

Dari Kegiatan UKW yang Digelar PWI Pusat Bekerjasama dengan PT PLN dan Pegadaian di Kota Palangka Raya

UKW PWI Kalteng
PEMBUKAAN UKW : Peserta berfoto bersama para penguji dan perwakilan pejabat dari PT PLN saat pembukaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Aula Benuas-Ulin Hotel Luwansa Palangka Raya, Jumat (12/1/2024) pagi. (istimewa)

Keberadaan Pers sebagai salah satu pilar demokrasi di Indonesia, diakui oleh banyak pihak. Tidak terkecuali bagi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang kini bahkan turut memberikan sumbangsihnya dalam penguatan Pers dengan peningkatan profesionalisme melalui Uji Kompetensi Wartawan (UKW).

HENY, Palangka Raya | radarsampit.com

Bacaan Lainnya

Puluhan meja kursi tersusun rapi di dalam ruangan Aula Benuas dan Ulin, Luwansa Hotel Palangka Raya. Tak ada sekat. Dua ruangan menjadi satu untuk digunakan tempat UKW.

Jumat (12/1/2024) pagi itu, waktu sudah menunjukkan pukul 07.12 WIB. Semestinya, registrasi peserta sudah bisa dimulai. Namun, yang terlihat ruangan masih sunyi. Hanya ada dua perempuan berkerudung yang ada di dalamnya. Mereka adalah Nunik Liamariesta yang merupakan bagian administrasi PWI Kalimantan Tengah dan Zullia Roza selaku bagian administrasi PWI Pusat.

Saya dan empat wartawan lainnya dari media berbeda yang bertugas di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) sudah menanti di depan meja registrasi, menunggu kedatangan dua admin. Dua carik kertas putih kosong mulai diisi. Melihat suasana masih sepi, kami menyempatkan waktu mencari sarapan yang berjarak hanya sekian langkah, persis di depan hotel berbintang tiga tempat UKW digelar.

Baca Juga :  Festival Babukung Kabupaten Lamandau Berlangsung Meriah 

Sekitar 30 menit kemudian, kami kembali. Ruangan yang tadinya sepi mulai ramai. Kursi kosong mulai terisi sejumlah orang. Kursi ditata menghadap ke arah panggung berlatar biru bertuliskan “Uji Kompetensi Wartawan” PWI bersama BUMN.

Ketiga tamu kehormatan sudah duduk diatas kursi panggung yang disediakan. Suara perempuan terdengar jelas melalui alat pengeras suara. Dia, Neni Maria, wartawan senior yang bertugas di media TVRI. Kali ini, ia dipercaya sebagai pemandu acara sekaligus juga menjadi salah satu dari empat penguji UKW yang digelar selama dua hari, 12-13 Januari 2024 di Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah.

Acara dimulai jam 08.12 WIB. Diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan pembacaan doa yang dibacakan oleh Dody Adhyaksa, anggota PWI Kalteng yang aktif bertugas sebagai wartawan di media Surat Kabar Harian Radar Sampit.



Pos terkait