Arus Balik di Kobar Diprediksi Berlangsung Sebulan

ARUS-BALIK-PANGKALAN-BUN
ARUS BALIK: Para penumpang keluar dari Kapal Dharma Rucitra 9 di Pelabuhan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat. (RINDUWAN /RADAR SAMPIT)

PANGKALAN BUN, RadarSampit.com – Arus balik Lebaran 1443 Hijriah melalui transportasi laut diprediksi bakal berlangsung lama. Terdapat 10 armada kapal untuk mengangkut penumpang saat arus balik tujuan Kumai.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) IV Kumai Hary Suyanto mengatakan, arus balik diprediksi bakal berlangsung lama. Pasalnya, masyarakat yang kembali ke Kobar disesuaikan dengan kesibukan masing masing.

Bacaan Lainnya

Arus balik beda dengan arus mudik yang berlangsung singkat. Bagi para pekerja informal yang tidak terikat dengan perusahaan, akan lebih lama menikmati liburan di kampung halaman.

“Arus balik ini bisa lebih lama. Bisa sebulanan penumpang kapal dari Jawa ke Kobar bakal ramai,” kata Hary Suyanto.

Menurutnya, ada 10 armada kapal baik milik PT Pelni, PT Dharma Lautan Utama, dan PT ASDP yang melayani arus balik ke Kumai. Jumlah kunjungan mencapai 28 kali terhitung H+2 hingga H+15 Lebaran.

Baca Juga :  Pemudik di Pelabuhan Sampit Capai 7.319 Orang, Diperkirakan Ada Pemudik Susulan

“Sedangkan armada kapal yang mengangkut penumpang juga tak boleh melebihi kapasitas yang telah ditentukan. Penumpang berasal dari Tanjung Perak Surabaya, Tanjung Emas Semarang, dan Pelabuhan Kendal,” ujarnya.

Dalam 28 kunjungan kapal ke Kumai ini diperkirakan bakal mengangkut 20.043.  Jumlah ini lebih banyak dibanding dengan arus mudik H-15 hingga H-1 yang hanya 16.284 penumpang.

Saat ini tim gabungan dari TNI, Polri, KSOP, Pelindo, BPBD, Satpol PP, dan Dishub Kobar terus melakukan pengamanan di dua pelabuhan agar arus balik bisa lancar seperti arus mudik. (rin/yit)

Pos terkait