Banjir Parah Terjang Sejumah Titik di Kota Sampit

banjir
BANJIR: Salah satu titik banjir parah di Kota Sampit akibat tingginya itensitas hujan.

SAMPIT, radarsampit.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim)  membantu dan mengevakuasi warga hingga kendaraan yang terdampak banjir di Sampit akibat hujan deras yang mengguyur sejak Minggu malam hingga Senin pagi.

”Karena adanya banjir akibat hujan, sejak pagi kami membantu masyarakat, mulai dari orang tua, orang sakit, anak-anak, terutama warga yang ingin berangkat bekerja beserta motornya,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kotim Multazam melalui Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kotim Agus Mulyadi di Sampit, Senin.

Bacaan Lainnya

Dia menjelaskan, pada Minggu (28/4/2024) pukul 22.00 WIB hingga Senin (29/4/2024) 05.00 WIB, hujan terjadi dengan intensitas sedang hingga lebat yang mengakibatkan banjir genangan di Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Baamang, dan Mentaya Hilir Utara.

Berdasarkan informasi dari BMKG setempat, hasil analisis cuaca sementara menunjukkan terbentuknya konvergensi atau pertemuan massa udara dan sherline atau belokan angin di sekitar wilayah Kalteng pada lapisan 850 mb yang berpotensi menyebabkan penumpukan massa udara dan terbentuknya awan-awan konvektif atau hujan di sekitar wilayah tersebut.

Baca Juga :  Harga Minyak Goreng Naik, Telur Turun

Sementara kelembaban udara pada lapisan 850-500 mb di wilayah Kotim sangat tinggi, berkisar 80-100 persen. Kondisi demikian yang mempengaruhi intensitas curah hujan di Kotim.

”Sehubungan dengan itu, kami telah melakukan pemantauan di sekitar wilayah Kota Sampit, meliputi Kecamatan Mentawa Baru Ketapang dan Baamang. Sejumlah ruas jalan terendam dengan rata-rata 15-40 cm dari permukaan jalan, bahkan ada yang sampai 60 cm,” lanjutnya.

Sejumlah ruas jalan yang tergenang di Kecamatan Mentawa Baru Ketapang antara lain, Jalan Teratai IV sampai V, Kompleks Graha Pramuka, Jalan Pelita, Jalan Panjaitan, Jalan Soeprapto, Jalan Anang Santawi, Jalan Sampoerna, Jalan Kopi Selatan dan Utara, Jalan Jenderal Sudirman Km 3 Lingkar Selatan, Jalan Anggur III dan Jalan Madiun Ngawi.

Kemudian, banjir genangan di Kecamatan Baamang meliputi Jalan Walter Condrat, Jalan Sarigading darat, Jalan Christopel Mihing, Jalan Ki Hajar Dewantara, Gang Guntur dan Gang Firdaus. Sedangkan, untuk Kecamatan Mentaya Hilir Utara berdasarkan laporan aparat setempat banjir menggenangi lingkungan SDN 1 Ramban dan Desa Bagendang Tengah.



Pos terkait