Gunung Ruang Kembali Erupsi, Awan Panas Menyebar ke Segala Arah

gunung ruang
ILustrasi Erupsi Gunung Ruang

Radarsampit.com – Gunung Ruang di Sulawesi Utara kembali erupsi pada Selasa (30/04/2024) pukul 08:35 WITA dengan tinggi kolom abu teramati ± 5.000 m di atas puncak (± 5.725 m di atas permukaan laut). Kolom abu teramati berwarna kelabu hingga hitam dengan intensitas tebal condong ke arah timur dan selatan.

Dikutip dari magma.esdm.go.id terungkap bahwa erupsi disertai awan panas ke segala arah dan erupsi masih berlangsung saat laporan sedang dibuat.

Bacaan Lainnya

Saat ini Gunung Ruang berada pada Status Level IV (Awas) dengan rekomendasi pertama masyarakat di sekitar Gunung Ruang dan pengunjung/wisatawan agar tetap waspada dan tidak memasuki wilayah radius 6 km dari pusat kawah aktif.

Kedua masyarakat yang bermukim pada wilayah P. Tagulandang yang masuk dalam radius 6 km agar segera dievakuasi ke tempat aman di luar radius 6 km.

Baca Juga :  Mirisnya Balita Penderita Hidrosefalus di Palangka Raya Ini, Orang Tua Tak Ada Biaya Pengobatan

Ketiga, masyarakat di Pulau Tagulandang, khususnya yang bermukim di dekat pantai, agar mewaspadai potensi lontaran batuan pijar, luruhan awan panas (surge), dan dan tsunami akibat material erupsi yang masuk kelaut/runtuhnya tubuh gunungapi ke dalam laut.

Kempat, masyarakat dihimbau untuk selalu menggunakan masker, untuk menghindari paparan abu vulkanik yang dapat mengganggu sistem pernafasan.

Kelima, masyarakat di sekitar G. Ruang diharap tenang, beraktivitas seperti biasa, tidak terpancing isu-isu tentang erupsi G. Ruang dan tetap mengikuti perkembangan aktivitas G. Ruang melalui aplikasi MAGMA Indonesia yang dapat diunduh di Google Playstore atau melalui website https://magma.esdm.go.id.

Keenam, pemerintah Daerah, BPBD Provinsi dan Kabupaten agar senantiasa berkoordinasi dengan Pos Pengamatan Gunung Api Ruang, Desa Tulusan, Kecamatan Tagulandang, Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara atau Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi di Bandung. (*/sla)



Pos terkait