Bencana Belum Berlalu, Bantuan Banjir Terus Disalurkan

bantuan banjir
BANTUAN: Kepala Dinas Sosial Kotim Wiyono menyalurkan bantuan kepada warga terdampak banjir di Desa Hanjalipan, Kamis (20/10). (IST/RADAR SAMPIT)

SAMPIT, radarsampit – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) melalui Dinas Sosial terus menyalurkan bantuan kepada warga terdampak banjir. Seperti di Kecamatan Kotabesi, penyaluran bantuan dilakukan untuk tiga desa yang dilanda banjir.

Kepala Dinas Sosial Kotim Wiyono mengatakan, bantuan Kementerian Sosial melalui program yang disalurkan dari Bulog reguler kemarin sekitar 200 sak beras dengan berat 5 kg.

Bacaan Lainnya

”Kami menyalurkan bantuan untuk tiga desa di Kecamatan Kotabesi, berupa beras 100 sak untuk Desa Hanjalipan, 50 sak untuk Desa Simpur, dan Soren 50 sak,” ujarnya.

Pihaknya berharap bantuan beras yang disalurkan dapat meringankan beban masyarakat di desa-desa tersebut, yang saat ini sedang mengalami musibah banjir.

”Mudahan apa yang kami salurkan bisa membantu masyarakat desa. Paling tidak untuk makan mereka selama satu minggu,” ujarnya.

Penyaluran bantuan ke Desa Hanjalipan dilakukan sebanyak tiga kali. Sedangkan total bantuan yang telah disalurkan pemerintah daerah ke beberapa kecamatan yang terdampak banjir melalui Dinas Sosial setempat sudah hampir tiga ton beras.

Baca Juga :  Pejabat Seruyan Diminta Sigap terkait Banjir

Curah hujan di Kotim cenderung cukup tinggi. Kondisi tersebut mengakibatkan tergenangnya sebagian tempat di Kota Sampit dan Kotim pada umumnya.

Menyikapi hal tersebut, Bupati Kotim Halikinnor meminta semua pihak agar lebih meningkatkan kewaspadaan terhadap datangnya curah hujan yang lebih tinggi lagi dan bahaya banjir yang sewaktu-waktu bisa saja terjadi.

”Untuk itu, khususnya kepada SOPD, badan, instansi terkait, agar lebih waspada dan responsif terhadap tempat-tempat yang rawan banjir. Terutama pada daerah permukiman, perkotaan, rumah sakit, rumah ibadah, dan tempat-tempat umum lainnya, serta dampak lain yang ditimbulkan. Kita harus waspada dan terus-menerus memelihara kebersihan di lingkungan masing-masing,” ujarnya. (yn/ign)

Pos terkait