BPJAMSOSTEK Gelar FGD Perbup Kobar 14/2021

Tentang JKK dan JKM Bagi Pekerja Sektor Informal

BPJAMSOSTEK Gelar FGD Perbup Kobar 14/2021,bpjs ketenagakerjaan,BPJAMSOSTEK,radar sampit,berita pangkalanbun hari ini,radar sampit hari ini
JAMINAN SOSIAL: penyerahan manfaat Jaminan Kematian sebesar Rp42 juta beserta manfaat beasiswa hingga perguruan tinggi untuk dua orang anak kepada ahli waris saat acara Focus Group Discussion (FGD) Implementasi Peraturan Bupati Nomor 14 Tahun 2021 Tentang Pelaksanaan Program Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian Bagi Pekerja Sektor Informal. (istimewa)

“Semoga diskusi ini berjalan lancar dan ke depan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan bisa lebih maksimal lagi,” harapnya.

Sementara itu Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Pangkalan Bun, Yadi Hadriyanto mengatakan, BPJS Ketenagakerjaan merupakan penyelenggara program pemerintah.

Bacaan Lainnya

Penyelenggaraan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan ini juga termaktub dalam Undang – undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional dan Undang-undang Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (UU BPJS).

“Khusus untuk sektor informal, berdasarkan Peraturan Bupati Nomor 14 Tahun 2021 ini mendapatkan Program Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian,” ujar Yadi dalam pembukaan acara Focus Group Discussion (FGD).

Ia melanjutkan, di Kabupaten Kobar Perbup Nomor 14 Tahun 2021 ini merupakan perbup sapu jagat. Sebab seluruh pekerja sektor informal masuk di dalamnya tanpa terkecuali. “Beda halnya Perbup yang dibuat kabupetan lain yang hanya sebagian sektor informal. Jadi perbup di Kobar ini mulai banyak dicontoh oleh kabupaten lain,” ungkapnya.

Baca Juga :  Warga Bantaran Sungai Terancam Tak Dapat Sertifikat

Pihaknya berharap dengan digelarnya diskusi bersama sejumlah SOPD di lingkup Pemkab Kobar ini, maka kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan dari sektor informal bisa lebih meningkat lagi.

“Harapan kami supaya ke depan para pekerja informal di sejumlah dinas di Kobar bisa diikutsertakan dalam jaminan sosial ini,” pungkasnya.

Dalam kegiatan tersebut juga dibarengi dengan penyerahan manfaat Jaminan Kematian sebesar Rp42 juta beserta manfaat beasiswa hingga perguruan tinggi untuk dua orang anak kepada ahli waris Almarhum Sarkawi, petugas kebersihan Dinas Lingkungan Hidup dan kepada ahli waris Almarhum Suryadin yang merupakan tenaga kerja TKBM Samudra Mulya. (sla)

Pos terkait