CATAT!!! Sukses Itu Tak Melulu Harus Jadi PNS 

BUPATI-KOTIM-HALIKINNOR
Bupati Kotim Halikinnor

SAMPIT, RadarSampit.com – Generasi muda saat ini perlu mengubah pola pikir dalam mencari pekerjaan. Pekerjaan tidak hanya aparatur sipil negara (ASN) atau pegawai negeri sipil (PNS). Banyak peluang usaha yang bisa mendulang kesuksesan.

Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) Halikinnor mengatakan, zaman sekarang penuh dengan kemudahan dalam berbisnis. Generasi muda bisa menggali potensi diri, misalnya dengan berwiraswasta di bidang pertanian.

Bacaan Lainnya
Pasang Iklan

Menurut Halikinnor, kuota untuk calon pegawai negeri sipil atau pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) sangat terbatas. Penetapan kuota di daerah untuk formasi tersebut ditentukan oleh pemerintah pusat, sedangkan daerah hanya mengajukan sesuai kebutuhan.

“Jangan berpikir mau jadi ASN atau menjadi tenaga kontrak, karena itu sangat terbatas,” ujarnya.

Oleh karena itu Halikinnor mendorong generasi muda untuk bisa mencari peluang mendapatkan mata pencaharian di bidang lain, tanpa harus terfokus pada profesi sebagai seorang abdi negara. Belum lagi pada tahun 2023 mendatang pemerintah pusat berencana akan menghapus tenaga kontrak daerah.

Baca Juga :  Heboh Mayat Bugil di Lantai Kontrakan

“Cari peluang lain, coba jadilah petani yang punya kemampuan bekerja maksimal, bahkan menjadi seperti yang saya inginkan yakni petani berdasi. Artinya tidak harus bergelut dengan lumpur sekarang sudah zamannya teknologi dengan inovasi akan jauh lebih mudah,” ungkapnya.

Halikinnor terus memberikan motivasi kepada para pemuda untuk bisa sukses berkarier meski tidak menjadi seorang PNS. Bahkan menurutnya menjadi seorang pengusaha atau petani bisa menghasilkan pendapatan yang berlipat-lipat dari gaji seorang PNS. Bupati memberikan motivasi kepada para pemuda Kotim agar terus mengembangkan usahanya sehingga menjadi petani atau pengusaha sukses. (yn/yit)



Pos terkait