Desak Pemkot Konsisten Tertibkan Pedagang, Larangan Harus Seragam

Petugas gabungan membongkar lapak pedagang yang berjualan di jalur Jalan Jawa hingga Sumatra dan Bangka
DIBONGKAR: Petugas gabungan membongkar lapak pedagang yang berjualan di jalur Jalan Jawa hingga Sumatra dan Bangka di kawasan Pasar Besar Palangka, Kamis (30/6). (DODI/RADAR SAMPIT)

Lodoy mengharapkan tidak lagi ada pedagang di bahu jalan. ”Silakan menempati blok yang ada. Sewanya pun sangat murah, ada yang Rp 1,5 juta per tahun dan ada Rp 2,5 juta sebagai biaya pemeliharaan. Satu hari Rp 30 ribu untuk kebersihan dan lainnya,” ujarnya.

Sementara itu, Camat Pahandut Berlianto mengatakan, langkah tegas tersebut sebagai bentuk keseriusan menjalankan kesepakatan yang dibuat. Yakni memberikan jangka waktu tujuh hari kepada seluruh pedagang untuk menempati lokasi baru di Pasar Indah Palangka Raya dan tidak berjualan di jalur yang dilarang.

Bacaan Lainnya

”Kami sudah memberikan waktu untuk memberikan ruang agar pedagang ke lokasi yang telah ditentukan. Jadi, tidak boleh lagi berjualan di badan jalan. Kami juga sudah pasang spanduk terkait hal itu, sehingga nantinya tidak ada lagi berjualan di badan jalan,” ujarnya.

Dia menambahkan, pemerintah tidak mematikan usaha masyarakat. Apalagi dalam kondisi pandemi saat ini. Sebaliknya, justru membantu pedagang untuk tetap bisa berjualan sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat, baik terkait pedagang maupun lainnya.

Baca Juga :  Dituding Ada Agenda Tersembunyi setelah Kuasai AKD DPRD Kotim, Begini Fakta Sebenarnya Koalisi Fraksi

”Semoga dengan langkah ini arus lalu lintas lancar dan kebersihan di lingkungan pasar terus terjaga. Penertiban ini malah mendukung pedagang agar lebih tertata,” ujarnya.

Berlianto menegaskan, penertiban tersebut tidak tebang pilih. Sebab, jalur Jalan Jawa, Bangka, Seram, dan Jalan Sumatra dilakukan penataan. Di lokasi tersebut ada sekitar 150 lebih pedagang lauk-pauk hingga sayur-mayur.

”Semua diperlakukan sama sesuai kesepakatan. Tidak ada pilih kasih. Ke depan, semoga pedagang patuh dan menaati aturan. Sesuai arahan Sekda, nantinya ada patroli untuk memastikan tidak ada lagi pedagang di bahu jalan,” katanya.

Pos terkait