Disdik Palangka Raya Gelar Uji Kemahiran Bahasa Indonesia Adaptif Merdeka

disdik palangka raya
KOMITMEN: Kadis Pendidikan Kota Jayani melalui Sekretaris Dinas Aprae Vico Ranan (batik merah) saat membuka Diseminasi dan Pengujian Uji Kemahiran Bahasa Indonesia (UKBI) Adaptif Merdeka Bagi Pemangku Kepentingan Bidang Pendidikan se-Kota Palangka Raya. (DODI/RADAR SAMPIT)

Aprae Vico Ranan menyampaikan, langkah ini sebagai wujud komitmen penguatan dan pemajuan kebahasaan dan kesastraan. “Tak hanya dalam pengembangan berbagai materi kodifikasi kebahasaan dan kesastraan, seperti tata bahasa dan ejaan, tetapi juga terkait dengan pengembangan instrumen untuk mengukur kemahiran berbahasa Indonesia melalui UKBI Adaptif Merdeka,” tuturnya.

Ia menambahkan, kemahiran berbahasa adalah salah satu modal utama dalam peningkatan kemampuan literasi anak-anak Indonesia yang sekarang kita lakukan dengan gerakan Merdeka Belajar.

Bacaan Lainnya

Pemahaman yang baik akan kaidah tata bahasa serta kecakapan dalam menggunakan bahasa Indonesia menjadi kunci untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam memahami informasi, menyerap ilmu pengetahuan, dan menyampaikan gagasan.

“Saya ingin mengimbau untuk mengoptimalkan manfaat dari UKBI Adaptif Merdeka. Kita semua perlu mengukur sejauh mana kecakapan kita dalam menggunakan bahasa Indonesia, yang hasilnya kemudian dapat menjadi rujukan kita untuk memetakan dan meningkatkan kemampuan literasi masyarakat Indonesia secara menyeluruh. Akhirnya dapat lebih menguatkan kedudukan bahasa Indonesia secara nasional dan meningkatkan martabat bahasa Indonesia di dunia internasional,” pungkas Aprae Vico Ranan. (daq/yit)



Baca Juga :  Bidang Industri DPKUKMP Palangka Raya Beri Bantuan pada Pelaku Usaha

Pos terkait