Gali Potensi Perikanan Sukamara dengan Sipakomperan

Aplikasi Sipakomperan
INOVASI: Bupati Sukamara Windu Subagio, Sekda Sukamara Rendy Lesmana dan unsur forkopimda setempat, saat menghadiri launching Sipakomperan.

SUKAMARA, radarsampit.com Sistem Informasi Spasial Komoditi Perikanan (Sipakomperan) Kabupaten Sukamara akhirnya diluncurkan. Sipakomperan merupakan sistem informasi yang dibangun dalam kerangka identifikasi potensi dan peluang kelautan dan perikanan terpadu.

Bupati Sukamara Windu Subagio menjelaskan, Sipakomperan ini juga bagian dari solusi atau jawaban atas tantangan pembangunan dan pengembangan sektor kelautan dan perikanan terpadu di Provinsi Kalimantan Tengah secara umum, serta di Kabupaten Sukamara secara khusus.

Bacaan Lainnya
Gowes

“Sehingga peningkatan ketahanan pangan melalui pembangunan food estate produk protein terutama shrimp estate dapat segera terwujud,”ujarnya, baru-baru ini.

Menurutnya,  melalui data yang disajikan dalam Sipakomperan diharapkan dapat dimanfaatkan oleh para stakeholders terkait, calon maupun praktisi tambak atau investor, pelaku usaha, dan penyedia pakan. Demikian pula para akademisi, BUMN dan BUMD, serta pemerintahan, baik daerah maupun pusat.

Baca Juga :  Dukungan Mencuat, Ahmadi Siap Dicalonkan sebagai Bupati

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukamara Rendy Lesmana menjelaskan,  Sipakomperan merupakan bagian dari kegiatan penyebarluasan informasi (diseminasi). Hal itu juga terkait aplikasi sistem informasi geografis atau pemetaan digital yang telah dibangun dalam rangka pemetaan potensi dan peluang pembangunan serta pengembangan shrimp estate, khususnya di wilayah Kabupaten Sukamara.

“Launching ini bertujuan agar Sipakomperan dapat diterima dan digunakan oleh semua pihak yang berkepentingan, sehingga dapat menjadi instrumen yang mendukung strategi peningkatan ketahanan pangan, khususnya shrimp estate,”pungkasnya. (pah/gus)

 

 



Pos terkait