Harga Ayam Potong di Lamandau masih Tinggi

ayam potong mahal
AYAM MAHAL: Harga ayam potong melambung tinggi akibat penjualan di tingkat peternak mengalami kekosongan dan belum waktunya panen, Kamis (28/12/2023). (DOK.RADAR SAMPIT)

NANGA BULIK, radarsampit.com – Harga cabai rawit di Kabupaten Lamandau,  berangsur turun di awal tahun 2024 ini. Padahal sebelumnya sempat tembus lebih dari Rp 100 ribu/kg jelang Natal dan malam tahun baru.

“Sekarang harga cabai rawit merah sudah turun. Dari Rp 70 ribu, sekarang jadi Rp 60 ribu sekilo,” ucap salah satu pedagang sayur di pasar induk Nanga Bulik, Santi.

Bacaan Lainnya

Namun lanjutnya,  harga bawang merah dan bawang putih justru naik tipis. Dari sebelumnya Rp43 ribu per kg , sekarang Rp 45 ribu per kg.

Selain itu, harga ikan laut seperti kembung, tongkol dan bandeng juga rata-rata turun sekitar Rp 2000- 7000 per kg. Namun karena musim hujan , harga ikan air tawar cenderung naik. Bahkan ikan gabus sudah dalam beberapa pekan tidak terlihat ada di pasaran.

Baca Juga :  Ratusan Babi di Pulpis Mati Massal

“Sayur mayur juga cenderung naik harganya saat musim hujan ini. Karena banyak tanaman terserang penyakit atau terendam banjir,” tambah Santi.

Diungkapkannya pula,  harga ayam potong broiler masih bertahan tinggi sejak Natal hingga saat ini . Yakni di kisaran Rp 53-55 ribu per kg. Harga daging sapi tetap Rp 155 ribu per kg.(mex/gus)



Pos terkait